Belajar Mengabdi, Mahasiswa Baru FKM UNAIR Adakan Sospro Alghaba

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Mahasiswa baru angkatan 2019 FKM UNAIR ketika memberikan sosialisasi cuci tangan di Panti Asuhan Bj Habibi Surabaya, dalam kegiatan Sospro Alghaba Sabtu (19/10/19). (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Masuk dalam serangkaian acara angkatan mahasiswa baru 2019 Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR), Social Project (Sospro) Alghaba menjadi bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat. Seluruh mahasiswa baru FKM UNAIR diharuskan mengikuti Sospro yang dilaksanakan pada (19/10/19) di Panti Asuhan Bj. Habbi dan pada Minggu (20/10/19) di RT 06 RW 01 Kelurahan Mulyorejo.

Event angkatan 2019 mengangkat tema besar yakni welcome to the jungle yang didasarkan atas keprihatinan para mahasiswa dengan adanya kebakaran hutan yang sedang marak terjadi. Hal ini dimaksud untuk mengingatkan kepada semua orang bahwa keberadaan hutan sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia.

Imam Syafi’i selaku ketua panitia menyampaikan bahwa tidak jauh dari tema event angkatan, Sospro Alghaba diharapkan dapat menjadi seperti hutan yang mampu memberikan manfaat bagi seluruh kehidupan masyarakat, terutama bagi mahasiswa baru 2019, agar dapat mengabdi dan memberi manfaat bagi seluruh masyarakat.

“Untuk Sospro-nya sendiri kami ingin seperti hutan, yang memberi manfaat kepada seluruh kehidupan. Begitu pun dengan angkatan kami, kami ingin menjadi manfaat bagi masyarakat yang ada,” ungkapnya.

Kegiatan Sospro yang dilaksanakan selama dua hari itu menjadikan anak-anak panti Bj Habibi dan warga RT.06 RW.01 Kelurahan Mulyorejo sebagai sasaran kegiatan. Lalu juga memiliki beberapa kegiatan, seperti sosialisasi dan edukasi terhadap anak panti; memberi sembako pada panti; senam bersama warga; bermain dengan anak kampung; kerja bakti bersama warga; dan bagi-bagi sembako kepada warga.

Imam mengaku, Sospro memberikan banyak manfaat, baik bagi masyarakat maupun mahasiswa di angkatannya. Beberapa di antaranya yakni mahasiswa baru 2019 FKM bisa mendapat pengalaman terjun langsung ke masyarakat, dan melalui sosialisasi dan praktik perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang diberikan ketika Sospro dapat melatih anak-anak dan warga dalam melakukan kebiasaan mencuci tangan, sikat gigi, menjaga kebersihan lingkungan, dan sadar akan menjaga kesehatan.

Salah satu mahasiswa FKM UNAIR bersama anak Panti Asuhan Bj Habibi Surabaya. (Foto: Istimewa)

Selain itu, kegiatan tersebut juga dapat merekatkan mahasiswa angkatan 2019 dikarenakan menjadi lebih sering berkomunikasi dan berkoordinasi untuk kesuksesan acara. Imam berharap, seluruh mahasiswa yang terlibat dapat mengambil pengalaman dan merasakan nikmatnya melakukan pengabdian masyarakat.

Kemudian, diharapakan pula masyarakat dapat merealisasikan apa yang diberikan pada Sospro, serta bisa menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

“Harapannya tentu teman-teman angkatan 2019 bisa mengambil pengalamannya, bisa mengambil hikmahnya, dan teman-teman bisa merasakan pengabdian masyarakat,” ujarnya. (*)

Penulis : Ulfah Mu’amarotul Hikmah

Editor : Binti Q Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).