Sambut Hari Jadi ISMKMI, APHSA Tingkatkan Kesadaran Hidup Bersih dan Sehat di Kalangan Anak SD

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
FOTO bersama antara panitia acara dengan anak-anak SD Muhammadiyah 9 Surabaya pada Minggu (20/10/19). (Foto : istimewa)

UNAIR NEWS – Himpunan mahasiswa kesehatan masyarakat Universitas Airlangga (UNAIR) atau Airlangga Public Health Student Association (APHSA) menggelar pengabdian masyarakat. Kegiatan tersebut merupakan salah satu dari serangkaian acara Bulan Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (BULIS). Acara itu merupakan agenda rutin setiap tahun guna menyambut hari jadi organisasi Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) ke-28 yang jatuh setiap tanggal 24 Desember.

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Minggu (20/10/19) di SD Muhammadiyah sembilan Surabaya. Mengusung tema perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), diharapkan anak-anak tersebut dapat meningkatkan kesadaran untuk hidup lebih bersih dan sehat.

“Semoga dengan adanya pengabdian masyarakat ini dapat lebih meningkatkan kesadaran sasaran kita (panitia acara, Red) terutama anak-anak terkait PHBS,” ucapnya.

Laras selaku ketua panitia mengungkapkan, anak-anak sekolah dasar merupakan sasaran yang tepat untuk diberikan intervensi terkait PHBS. Karena mereka dianggap lebih mudah untuk memahami pesan yang hendak disampaikan daripada anak yang masih PAUD atau TK.

“Menurut kami, anak-anak sekolah dasar lebih tepat untuk diberikan intervensi terkait PHBS, karena mereka sudah mulai paham dibandingkan dengan anak usia PAUD atau TK,” imbuhnya.

Mengingat sasaran pengabdian adalah anak-anak, maka kegiatan tersebut dikemas dengan cara yang menyenangkan. Mulai dari penampilan sosiodrama bertema pentingnya cuci tangan sebelum makan, permainan edukasi yang juga berkaitan dengan hidup bersih dan sehat serta kegiatan menonton video animasi terkait cara merawat gigi yang benar.

“Kita ada sosiodrama tentang pentingnya cuci tangan sebelum makan, lalu ada game edukasi yang terdiri atas game cita-cita, cerdas cermat,isi piringku dan game bersih itu indah, yang terakhir ada video animasi tentang cara merawat gigi yang benar. Tujuannya agar materi yang disampaikan dapat dipahami oleh anak-anak tersebut,” ungkapnya.

Berbeda dengan sebelumnya, tahun ini merupakan tahun perdana BULIS diselenggarakan di bawah kepengurusan APHSA BEM FKM UNAIR khususnya divisi pengabdian masyarakat. Tidak hanya itu, BULIS tahun ini juga menyelenggarakan serangkaian acara seperti foto kontes, kuis yang berkaitan dengan kesehatan dan seminar kesehatan.

“Tahun ini merupakan tahun perdana BULIS diselenggarakan di bawah kepengurusan APHSA, selain itu kita (panitia acara, Red) juga mengadakan foto kontes, kuis setiap minggu serta acara seminar,” tambahnya.

Harapannya, acara pengabdian masyarakat tahun depan dapat dilaksanakan lebih baik lagi dan semoga materi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi anak-anak. Sehingga kedepannya mereka menjadi lebih peduli terkait perilaku hidup bersih dan sehat.

Penulis : Dita Aulia Rahma

Editor : Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu