Hima D3 Manajemen Perhotelan UNAIR Lakukan Hotel & Business Visit

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana Hotel Visit Mahasiswa D3 Perhotelan UNAIR di Bali. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Mahasiswa D3 Manajemen Perhotelan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga melangsungkan kegiatan Hotel and Business Visit dengan tema “Prepare Your Bright Future”. Kegiatan tersebut berlangsung pada 9-13 Oktober 2019. Kegiatan selama lima hari tersebut disusun dengan beberapa agenda antara lain kunjungan ke Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), dan Hotel Ritz-Carlton, Bali.

Hotel and Business Visit adalah salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) Program Studi D3 Manajemen Perhotelan. Kegiatan yang diikuti oleh 50 mahasiswa D3 Manajemen Perhotelan Angkatan 2017 ini bertujuan untuk memberi wawasan dan pengalaman baru seputar dunia pariwisata dan manajemen perhotelan di Indonesia khususnya di Pulau Bali. 

Umi Farichah Bascha sebagai dosen pendamping (Supervisor lecturer) dari Program Studi Manajemen Perhotelan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga menjelaskan bahwa di era revolusi industri 4.0 saat ini, dinamika industri berlangsung sangat cepat, oleh karenanya diharapkan mahasiswa mendapat pengetahuan dan wawasan yang cukup untuk menjadi SDM yang dibutuhkan di era revolusi industri 4.0.

Output yang kami harapkan dari business visit ini adalah terjalinnya link and match, agar kompetensi mahasiswa kami dapat memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh para stake holder,” ungkapnya.

Dengan adanya agenda kunjungan ke Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) diharapkan mahasiswa mendapat pengalaman dan wawasan baru mengenai industri pariwisata dan perhotelan. Iko Septi Ananda, selaku ketua pelaksana Hotel and Business Visit 2019 menjelaskan bahwa kunjungan tersebut bukan sekedar kunjungan biasa, namun juga dapat memfasilitasi mahasiswa yang akan training di Bali. Tidak hanya kunjungan biasa, melainkan kunjungan ini dapat memberi infomasi tentang adanya peluang untuk melakukan kegiatan magang di industri/perusahaan yang dikunjungi.

“Kunjungan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan memotivasi mahasiswa Manajemen Perhotelan agar mengembangkan karier di Pusat Pariwisata dan Perhotelan Indonesia,” ungkapnya.

Dengan diadakannya kunjungan ke Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia, mahasiswa mendapat kesempatan berharga untuk mengetahui perkembangan industri pariwisata dan perhotelan di Bali. Para mahasiswa mendapat pesan supaya terus mencari ilmu agar bisa menjadi manager dan mengelola industri perhotelan dan pariwisata. Oleh karena itu kita diharuskan dapat mengelola sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia dengan cara membentuk asosiasi, Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA), yang telah bersertifikat CHA certificate hotel administration.

Adanya agenda hotel visit ke Ritz-Carlton Bali dapat memberi pengalaman baru kepada para mahasiswa. Khususnya mahasiswa yang memiliki minat untuk mengembangakan karier mereka di Pulau Bali. Kunjungan tersebut sangat ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa. Sama halnya dengan salah satu mahasiswa D3 Manajemen Perhotelan angkatan 2017 yang bernama Ferdinand mengungkapkan bahwa kunjungan ke Ritz-Carlton Bali dapat memperluas wawasan mahasiswa yang tidak bisa didapatkan di kampus. Dengan begitu mahasiswa dapat lebih memahami kondisi dan situasi di Industri Pariwisata dan Perhotelan. Sehingga para mahasiswa dapat menunjukan skill terbaik mereka saat sudah terjun di dunia kerja.

Sementara itu, Jiwangga Hadi Nata, SE., MSM., salah satu dosen Program Studi Manajemen Perhotelan memberikan pesan kepada mahasiswa agar menjaga keseimbangan dan kepuasan dengan para investor dan masyarakat. Dengan begitu diharapkan dapat meningkatkan kualitas suatu perusahaan/hotel di Indonesia.

“Saya harap semua mahasiswa yang akan training terus menjaga keseimbangan dan kepuasan pelanggan dengan cara menyebar kuisioner apakah pihak perusahaan/hotel telah memberikan pelayanan yang efektif. Dengan begitu diharapkan mampu meningkatkan kualitas perusahaan tersebut,” tuturnya.

Penulis: Tim Hima D3 Perhotelan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).