RS UNAIR Adakan Talkshow untuk Ramaikan Acara Jatim Fair 2019

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Acara Talkshow “Membangun Medical Tourism, Adventure dan Remote Telemedicine Berbasis Akademik “ pada Jumat (11/10/2019) di Convention Hall Grand City Lantai 3. (Foto: Anugrah Visar Rahman)
Acara Talkshow “Membangun Medical Tourism, Adventure dan Remote Telemedicine Berbasis Akademik “ pada Jumat (11/10/2019) di Convention Hall Grand City Lantai 3. (Foto: Anugrah Visar Rahman)

UNAIR NEWS – Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) mengadakan acara talkshow untuk umum dalam acara Jatim Fair 2019 di Convention Hall Grand City, Lantai 3, pada Jumat (11/10/2019). Acara talkshow tersebut bertema “Membangun Medical Tourism, Adventure dan Remote Telemedicine Berbasis Akademik“.

Acara tersebut dilaksanakan pukul 19.00-20.00 dan dihadiri oleh dokter, komunitas yang bergerak dibidang kesehatan, maupun masyarakat umum. Selain itu yang menjadi narasumber acara tersebut yaitu founder Vaskular Indonesia dr. Niko Azhari Hidayat, Sp. BTKV(K)VE FIHA., dan ditemani dokter spesialis bedah, dr. Agus Hariyanto, Sp.B.

dr. Agus Hariyanto, Sp.B. yang merupakan direktur Rumah Sakit Terapung UNAIR  mengungkapkan bahwa acara itu dilatarbelakangi dengan bagaimana menyelenggarakan medical tourism yang ada di Indonesia dan peran kita sebagai tenaga kesehatan untuk membantu mewujudkan hal tersebut.

“Kita harus berani berkolaborasi dengan sektor lain maupun pemerintah dalam mewujudkan dua hal ini baik medical maupun tourism, hal penting yang harus diperbaiki pertama adalah kualitas pelayanan (hospitality) kesehatan, jangan terlalu fokus branding tetapi dalam internal masih belum baik,” imbuhnya.

Pada sesi diskusi dr. Niko Azhari Hidayat, Sp. BTKV(K)VE FIHA., mengatakan sebelum pasien melakukan medical tourism untuk kasus diabetes misalnya, semaksimal mungkin harus mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik di Indonesia. Khususnya wilayah tempat tinggalnya. Meskipun kita semua tahu Singapura memiliki teknologi penyembuhan penyakit diabetes yang baik.

Pengunjung yang hadir selain bisa mengikuti acara talkshow dapat mengunjungi booth vaskular Indonesia yang dipimpin langsung  oleh dr. Niko Azhari Hidayat, Sp. BTKV(K)VE FIHA. sekaligus membuka ruang diskusi, di sana kita bisa melakukan cek kesehatan dan memperoleh informasi mengenai StartUp bernama Varises Indonesia serta AV Shunt yang merupakan akses hemodialysis (cuci darah) yang ada di RSUA.

Ada satu komunitas yang bergabung dalam booth vaskular Indonesia, Lions Club Surabaya merupakan komunitas yang bekerja untuk membantu masyarakat dalam kegiatan sosial, dan beranggota dari seluruh elemen masyarakat Surabaya dengan berbagai latar belakang pekerjaan.

Adapun kegiatan yang dilakukan adalah mengenalkan Lions Club Surabaya kepada pengunjung yang hadir tentang kegiatan yang mereka lakukan, seperti memberikan pengobatan gratis, operasi katarak, pembagian alat bantu dengar, pembagian sembako, dan lain sebagainya. (*)

Penulis: Anugrah Visar Rahman

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu