Gandeng Yayasan Al Muslim, UNAIR Sosialisasikan Keamanan Jajan di Sekolah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Sosialisasi keamanan dan uji coba pangan oleh FKM UNAIR di SMP dan SMA Al Muslim, Sidoarjo. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Jajanan sekolah merupakan salah satu sumber asupan energi dan zat gizi untuk anak selama berada di sekolah. Ragam jajanan sekolah tersebut sering kali membuat guru dan orang tua khawatir terkait kesehatan dan keamanannya.

Untuk itu, Yayasan Al Muslim Jatim melakukan kerja sama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) untuk melakukan sosialisasi terkait keamanan dan uji coba pangan. Sosialisasi dilaksanakan pada Jum’at (26/9/2019) kepada para siswa SMP dan SMA Al Muslim, Sidoarjo.

Mahmud Aditya Rifqi S.Gz., M.Si dosen S1 Gizi FKM UNAIR selaku pembicara pada kegiatan tersebut menjelaskan bahwa terdapat tiga jenis pencemar makanan. Yaitu cemaran biologi, kimia, dan fisik.

“Cemaran biologi seperti bakteri, jamur, dan lain sebagainya yang bisa dilihat di bawah mikroskop,” ucap Mahmud.

Cemaran kimia baru bisa diketahui dengan uji laboratorium. Sementara contoh cemaran fisik yang bisa dilihat langsung dengan mata telanjang antara lain rambut, staples, batu, dan lain sebagainya.

Tidak hanya sosialisasi, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan demonstrasi mengenai cara menguji kandungan zat berbahaya pada makanan dengan tusuk gigi yang sudah diberikan kunyit.

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan pengetahuan dan kepekaan para siswa terhadap aspek keamanan pangan meningkat. Sehingga, mereka akan lebih berhat-hati dalam membeli dan mengonsumsi jajanan baik di sekolah maupun di luar sekolah. (*)

Penulis : Galuh Mega Kurnia

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu