Seju Batch II PSDKU Disambut Antusiasme Tinggi Mahasiswa

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Peserta Sekolah Jurnalistik Bacth II yang berlangsung di Aula Minak Jinggo kantor Pemkab Banyuwangi pada Sabtu (14/9) (Foto: Ruddy Purnama)

UNAIR NEWS – Setelah sukses dengan Sekolah Jurnalistik Batch I, Pusat Informasi dan Humas UNAIR kembali menggelar Sekolah Jurnalistik (Seju) Bacth II di kampus PSDKU UNAIR Banyuwangi. Bertujuan untuk menjaring Student Journalism yang nantinya akan ditugaskan sebagai jurnalis kampus, Seju Batch II berlangsung di Aula Minak Jinggo kantor Pemkab Banyuwangi, pada Sabtu (14/9).

Meskipun dari segi teknis dan materi seputar jurnalistik (kepenulisan dan fotografi, red) yang disampaikan tidak jauh berbeda dengan Seju pertama, namun antusiasme mahasiswa PSDKU UNAIR Banyuwangi pada Seju Batch II lebih tinggi. Tercatat sebanyak 61 Mahasiswa mengikuti pelatihan Seju Batch II.

“Jumlah tersebut jujur saja melebihi dari target kami, jadi kami merasa kaget jika dibandingkan dengan Seju yang pertama,” jelas Ananda Wildhan, salah satu pengurus Keluarga Mahasiswa yang menjadi penanggungjawab kegiatan Seju tersebut.

Menurut Almujaddidi, salah satu peserta Seju Batch II saat ditemui Tim UNAIR NEWS pada Selasa (17/9), ia mengungkapkan bahwa Sekolah Jurnalistik sangat menginspirasi dan seru. Serta, ia merasa apa yang telah disampaikan di Seju mampu meningkatkan kemampuan kepenulisan mahasiswa sebagai jurnalis.

“Lebih seru lagi, karena saya bisa bertemu dan sharing bersama jurnalis-jurnalis senior yang telah lama berkecimpung di UNAIR NEWS,” ungkap mahasiswa Kedokteran Hewan tersebut.

Setelah sukses melancarkan pelatihan jurnalistik, Wildhan kembali menegaskan, penugasan pun disampaikan kepada seluruh peserta Seju Batch II. Bagi peserta yang berkeinginan untuk menjadi bagian dari Student Journalism UNAIR NEWS, wajib mengirimkan penugasan berupa menulis sebuah berita sesuai ketentuan yang ada.

Tercatat, lanjut Wildhan, terdapat 15 mahasiswa asal kampus PSDKU Banyuwangi yang mengirimkan penugasan ke panitia. Hingga akhirnya, setelah melewati seleksi penugasan, seluruh peserta yang mengirimkan penugasan tersebut dinyatakan lolos dan berhak mengikuti tes wawancara yang dilaksanakan pada Minggu (15/9) bertempat di ruang kuliah A202 kampus Giri – Banyuwangi.

“Seluruh peserta yang lolos tes wawancara hadir pada saat tes, saya hargai antusiasme mereka, karena telah berniat untuk menjadi bagian dari UNAIR NEWS,” ujar Wildhan.

Sesi tes wawancara yang langsung diambil alih oleh tim editor UNAIR NEWS tersebut membuahkan pertimbangan yang ketat. Hingga akhirnya setelah melewati berbagai pertimbangan, sebanyak 7 mahasiswa dinyatakan lolos menjadi bagian dari Student Journalism UNAIR NEWS Batch II, ditambah 6 mahasiswa hasil dari Seju Batch I, jadi total Student Journalism asal kampus PSDKU Banyuwangi yaitu 13 mahasiswa.

Dian Pratama, salah satu Student Journalism yang terpilih, merasa bersyukur dengan kesempatan tersebut.

“Kepercayaan yang saya terima ini, begitu luar biasa, belajar untuk menulis bagi saya adalah belajar mengukir sejarah., terimakasih Seju Batch II,” Pungkasnya. (*)

Penulis: Bastian Ragas

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu