Dua Tahun Diresmikan, Kampus Sobo Topang Ekonomi Masyarakat Sekitar

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kampus Sobo PSDKU UNAIR Banyuwangi. (Foto: Feri Fenoria R)

UNAIR NEWS – Dua tahun sudah PSDKU Universitas Airlangga meresmikan Kampus Sobo. Kampus tersebut beralamatkan di Jalan Ikan Wijinongko No. 18 A, Kelurahan Sobo, Kecamatan Banyuwangi. Berdekatan dengan SDN Model, kampus ini diperuntukkan bagi mahasiswa Program Studi Akuntansi dan Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Kampus Sobo sendiri memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Ruang kelas yang nyaman dan ber AC, Ruang Dosen, Ruang Baca, Ruang Jurnal, Laboratorium Komputer, Sekretariat Mahasiswa dan Musholla.  Kampus Sobo juga memiliki suasanya yang sejuk dan rindang.

Setelah diresmikan pada tahun 2017 yang lalu, kampus ini langsung membawa dampak yang baik bagi masyarakat sekitar. Selain daerahnya menjadi ramai, ekonomi masayarakat juga turut bergerak. Diantara pertumbuhan ekonomi yang paling nampak adalah pada usaha kos – kosan dan juga kuliner. Kos dan warung makan yang sebelumnya sepi, menjadi ramai setelah hadirnya kampus Sobo.

Salah satu yang merasakan dampaknya adalah Sugiarti Wulandari, pemilik kos dan warung makan yang letaknya tepat didepan pintu masuk Kampus Sobo. Perempuan yang kerap Mak itu mengatakan, kamar kos miliknya penuh dan warung makannya selalu ramai dikunjungi oleh mahasiswa.

Alhamdulillah, setelah adanya Kampus UNAIR disini, kos milik saya terisi semua, dan warung saya selalu ramai dan terjual habis,” tuturnya.

Selain Mak, dampak positif dibukanya Kampus Sobo juga dirasakan oleh Hj. Azizah. Seorang pemilik usaha kos-kosan dan juga laundry. Azizah mengatakan bahwa dengan dibukannya kampus sobo, bukan hanya bertujuan untuk membangun sumber daya manusia saja, tapi juga mampu menggerakkan ekonomi masyarakat.

“Saya sangat senang ada kampus di sini (Sobo Red), selain bisa menjadikan masyarakat agar menjadi sumber daya manusia yang unggul, kehadiran kampus disini juga bisa menggerakkan ekonomi masyarakat, bukan hanya saya, tetangga saya yang membuka jasa print dan fotocopy juga merasakan dampaknya,” paparnya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran Kampus Sobo telah membawa dampak yang positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. Bukan hanya usaha kos, kuliner, namun juga merambah kepada usaha percetakan, isi ulang air minum, hingga penjual token pulsa listrik. Satria Utama, mahasiswa Akuntansi angkatan 2017 juga menjelaskan bahwa dengan adanya kampus ini akan menarik masa, dengan begitu juga akan meningkatkan konsumsi.

“Namanya ada keramaian pasti kan menarik massa, dengan banyak orang maka konsumsi juga akan meningkat, jadi tentu saja hadirnya Kampus Sobo sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” terang mahasiswa yang akrab disapa Tama tersebut.

Penulis: Dian Pratama

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu