Kampanye Kurangi Sampah Plastik, Mahasiswa Baru Ilmu Administrasi Negara Bagikan Botol Tumblr

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Mahasiswa prodi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga (UNAIR) melakukan gerakan sosial project bertema zero waste. Acara yang diselenggarakan pada Minggu siang (15/9/2019) itu merupakan rangkaian kegiatan ospek jurusan. Kegiatan itu berlangsung di dua tempat, yakni di Jalan Srikana dan di depan RSUD Dr. Sutomo.

Kegiatan tersebut berupa kampanye yang menyasar pekerja jalanan seperti pedagang kaki lima dan tukang becak. Dalam kegiatan itu, mahasiswa baru menyosialisasikan pengurangan penggunaan sampah plastik menggunakan poster yang telah dibuat sebelumnya kemudian membagikan sebanyak 42 botol minum tumblr.

“Tumblrnya dari mahasiswa sendiri. Bagi-bagi tumblr ini sambil mengkampanyekan zero waste itu. Untuk memberitahukan kalau saat ini plastik harus dikurangi,” tutur Abi Prayodi selaku ketua acara ospek jurusan 2019.

Sebelum terjun langsung ke masyarakat, mahasiswa baru telah mendapat materi tentang sosial project yang diberikan oleh divisi pengabdian masyarakat himpunan mahasiswa (Hima) ilmu administrasi negara.

“Sebelumnya sudah ada pemaparan materi sosial project dari divisi pengmas hima. Di situ diberitahu nanti saat terjun ke masyarakat langkahnya seperti apa. Seperti perkenalan dulu kemudian kampanye itu tadi,  lalu memberitahukan kegunaan tumblr itu. Jadi, kemarin itu materinya dan sekarang praktiknya,” jelas Amelia Sri Hardiani, penanggung jawab kegiatan sosial project zero waste.

Sosial project tersebut, menurut Amel dapat menjadi perwujudan tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Sehingga, mahasiswa baru tidak hanya mendapat teori saja tetapi dapat terjun langsung ke masyarakat.

“Ini juga merupakan perwujudan tri dharma perguruan tinggi. Jadi mereka mengimplementasikan pengabdian masyarakat. Sehingga mahasiswa baru bisa merasakan terjun langsung ke masyarakat,” ungkapnya.

Perlu diketahui, sosial project tersebut merupakan kegiatan rutin dalam rangakaian acara ospek jurusan PUMA (Public Administration Move to Achieve A Success) Ilmu Administrasi Negara. Tahun sebelumnya, social project PUMA berupa sosialisasi di panti asuhan. PUMA sendiri telah berlangsung sejak hari Senin (9/9/2019) hingga Minggu (15/9/2019). (*)


Penulis: Lailatul Fitriani

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).