Direktorat Jenderal Pajak Bahas E-commerce di Kuliah Umum Vokasi UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Himpunan Mahasiswa (HIMA) D3 Perpajakan Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar kuliah umum pada Jumat (13/9/2019) di Aula Fakultas Vokasi. Kuliah umum kali ini membahas e-commerce.

Selaras dengan berkembangnya teknologi saat ini, e-commerce mengalami peningkatan yang sangat pesat. Hampir semua sektor bisnis saat ini berbasis e-commerce.

Banyak perusahaan saling berkompetisi untuk memberikan produk e-commerce terbaiknya. Merespons hal itu, HIMA D3 Perpajakan UNAIR mengundang Imaduddin Zauki dari Direktorat Jenderal Pajak untuk memberikan materi tentang aspek perpajakan dalam bidang e-commerce kepada mahasiswa D3 Perpajakan UNAIR. Sebanyak 100 mahasiswa aktif D3 Perpajakan UNAIR angkatan 2019 hadir pada kuliah umum kali ini.

Dalam kuliah umum itu, Zauki menjelaskan bahwa e-commerce menuntut seseorang untuk menjadi inovatif dan kreatif. Sedangkan menurutnya inovatif dan kreatif bukan sekadar gambar animasi yang tercetak di dalam buku dan telah dijual dipasaran. Namun, kreatif dan inovatif merupakan cara untuk menciptakan hal-hal baru yang belum pernah terpikirkan.

Dalam pemaparannya, Zauki mengatakan bahwa ide inovatif dan kreatif harusnya tidak merusak aktivitas utama mahasiswa. Yakni, yang harus tetap mengutamakan kewajibannya sebagai mahasiswa kendati mereka memiliki aktivitas lain berupa menjual ide-idenya.

Zauki juga berpesan mahasiswa perpajakan UNAIR harus mampu untuk mengembangkan ide yang inovatif dan kreatif di bidang perpajakan, sesuai dengan kompetensi mereka. Itu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pajak serta mengenalkan pajak kepada khalayak luas baik dalam skala nasional maupun internasional.  

Ia juga mengatakan bahwa tidak ada yang mustahil di dunia ini. “Apa yang tidak mungkin hari ini. Bisa jadi mungkin pada lima tahun yang akan datang,” tegasnya.

“Jadi, jika kita mempunyai ide, tapi tidak menyalahi aktivitas utama hal itu menandakan bahwa kita inovatif dan kreatif,” pungkasnya.

Selain Direktorat Jenderal Pajak yang memberikan materi, Ika Fithriyadi, CA. ME. dari MUC Consulting juga turut hadir untuk memaparkan materi tentang IR 4.0 “era digital”. Di samping kuliah umum, HIMA D3 Perpajakan membekali mahasiswa dengan pelatihan e-SPT pada hari yang sama. Pelatihan yang menghadirkan 110 mahasiswa aktif D3 Perpajakan UNAIR angkatan 2017 tersebut turut mengundang Dian Kartika Dewi dari MUC Consulting yang juga merupakan alumnus D3 Perpajakan UNAIR. (*)

Penulis: Icha Nur Imami Puspita

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).