Pola Hidup Turunkan Obesitas Pada Tubuh

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dr. Samuel Oetoro, Sp.GK salah satu pemateri dalam acara “Healthy Diet Management in Perspective of Nutrition to Prevent Obesity” di Ruang Kahuripan Lt 3, Kantor Manajemen, Kampus C pada Sabtu (14/9/19). (Foto : istimewa)

UNAIR NEWS – Kegemukan atau biasa disebut obesitas kini telah banyak menyerang masyarakat di dunia. Penyebabnya adalah penumpukkan lemak yang berlebih pada tubuh. Ada berbagai macam cara yang dilakukan masyarakat untuk menurunkan berat badan karena obesitas, salah satu adalah diet. Tapi, hanya masyarakat yang salah kaprah dalam melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Mahasiswa Ilmu Gizi Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan seminar tentang “Healthy Diet Management in Perspective of Nutrition to Prevent Obesity” pada Sabtu (14/9/19). Kegiatan itu dilaksanakan di Aula Kahuripan Lt.3 Kantor Manajemen, Kampus C. Panitia banyak menghadirkan pemateri yang ahli di bidang menajemen diet dan nutrisi.

Prof. Hazreen Abdul Majid, selaku pemateri dari University of Malaya menjelaskan mengenai Obesity in South East Asia and The Futere Challenge. Ia menjelaskan mengenai obesitas yang banyak tersebar di wilayah Asia Tenggara dengan peringkat pertama diduduki oleh Malaysia.

Sementara Dr. Samuel Oetoro, Sp.GK selaku pembicara kedua menjelaskan bahwa kebiasaan dapat mengontrol kesehatan. “Jika Anda menginginkan penurunan berat badan, Anda harus melakukan perubahan pola hidup. Yang penting itu behavior yaitu pola hidup kita,” ujarnya.

Lanjutnya, penyakit lain yang dapat menyerang seseorang yang memiliki obesitas adalah hipertensi dan diabetes. Banyak komplikasi terjadi pada obesitas. “Jika ingin tidak terserang obesitas jawabannya adalah makan yang sehat dan melakukan aktivitas yang sehat. Jika saya terjemahkan makan sehat itu anda terhindar obesitas tapi terhindar dari segala macam penyakit,” imbuhnya.

Penulis : Nur Rizky Rimadhani

Editor : Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).