Pertama Kalinya, Bahan Organik untuk Menghasilkan Pulsa Laser

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh gvltoday

Baru-baru ini, banyak penelitian pengembangan sumber cahaya laser telah dikhususkan untuk mengembangkan fiber laser Q-switched karena banyak keunggulannya. Mereka memiliki banyak aplikasi potensial di berbagai bidang seperti penginderaan jauh, pemrosesan bahan, pencarian jarak jangkauan, laser reflectometri, telekomunikasi, dan medis. Q-switching dapat diwujudkan dengan teknik aktif atau pasif. Teknik aktif menggunakan modulator untuk menghasilkan pulsa Q-switching, sedangkan teknik pasif diperoleh dengan memasukkan perangkat saturable absorber (SA) di dalam rongga laser (resonator Oleh karena itu, teknik pasif umumumnya hemat biaya dan lebih bermanfaat daripada pendekatan aktif, yang memerlukan tambahan switching elektronik.

Teknik pasif juga lebih kompak dan fleksibel dalam pemanfaatannya dibandingkan dengan metode aktif. Sampai saat ini, beberapa jenis SA telah dilaporkan secara intensif untuk menghasilkan pulsa Q-switching, termasuk cermin SA semikonduktor (SESAMs), carbon nanotube (CNTs) dan bahan nano 2D seperti graphene dan logam transisi di-chalcogenides (TMDs). 

Dalam penelitian ini, Fiber laser terdoping-erbium Q-switched telah berhasil didemostrasikan menggunakan bahan organic tris-(8-hydroxyquinoline) aluminium (Alq3) sebagai saturable absorber (SA). Bahan SA dibuat dengan teknik drop-casting pada suhu kamar dan dimasukkan ke dalam rongga laser dengan memasukkan di antara dua ferule fiber optic. Fiber laser Q-switched bekerja pada panjang gelombang pusat 1559 nm dengan FWHM (full-width half maximum) sebesar 1 nm. Fiber laser pulsa yang dibangkitkan stable dan lebar pulsa berkurang dari 6,65 menjadi 1,2 µs dan laju pengulangan pulsa bertambah dari 31.65 menjadi 144.5 kHz seiring dengan pertambahan daya laser pemompa dari 20 sampai 122 mW. Energi pulsa maksimum diperoleh pada 63,89 nJ.

Hasil ini menunjukkan bahwa Alq3 sebagai SA mempunyai potensi yang besar untuk digunakan pada pembangkitan laser pulsa. Sepengetahuan penulis, hasil ini adalah pertama kalinya bahan organik digunakan sebagai perangkat SA untuk menghasilkan pulsa laser Q-switched yang stabil.

Penulis: Moh Yasin

Berikut link terkait artikel di atas: https://www.researchgate.net/publication/332443638_Tris-8-Hydroxyquinoline_Aluminum_Thin_Film_as_Saturable_Absorber_for_Passively_Q-Switched_Erbium-Doped_Fiber_Laser

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu