Begini Pesan Rektor UNAIR untuk Para Wisudawan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Rektor UNAIR Prof Moh Nasih memberikan pesan-pesan kepada para wisudawan pada Minggu (8/9/2019). (Foto: Agus Irwanto)

UNAIR NEWS – Pada hari ketiga wisuda periode September 2019, Rektor Universitas Airlangga Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak., CMA., mewisuda sebanyak 1.403 lulusan. Wisuda berlangsung pada Minggu (8/9/2019) bertempat di Airlangga Convention Center (ACC), Kampus C UNAIR.

Periode September ini Prof. Nasih mewisuda 2.363  lulusan. Wisuda itu terbagi dalam tiga hari, terhitungg sejak Jumat-Minggu (6-8/9/2019).

Dalam sambutannya, Prof. Nasih memberikan beberapa pesan kepada para wisudawan. Prof. Nasih menekankan tagline terbaru UNAIR, yaitu HEBAT, yang berarti Humble, Excellence, Brave, Agile, dan Transcendence. Tagline itu diharapkan menjadi pedoman para wisudawan ketika terjun di masyarakat usai merampungkan studi.

Kerendahan hati (humble) harus dimiliki setiap para wisudawan. Karena tanpa kerendahan hati, ilmu yang diaplikasikan kepada masyarakat tidak ada maknanya. Keunggulan (excellence) para wisudawan di setiap bidang ilmu tentu menjadi modal yang sangat berharga.

Keberanian (brave), Prof. Naih mencontohkan keberanian Bung Tomo dalam peristiwa 10 November 1945. Para wisudawan harus berani layaknya Bung Tomo yang selalu gigih berjuang untuk kebenaran.

“Saya berpesan bahwa setelah humble, excellence, dan brave, wisudawan harus responsif atau agile dalam mengatasi sebuah masalah,” ungkapnya.

Selain itu, nilai ketakwaan (transcendence) akan lebih bermakna jika dilakukan atas dasar ikhlas kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kehendak dan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa akan selalu melindungi setiap kegiatan yang dilakukan.

Prof. Nasih juga berpesan kepada para wisudawan untuk selalu berinovasi sesuai keilmuan yang telah didapat. Kompleksitas keadaan lingkungan yang berkembang dengan cepat di situlah peran wisudawan mengisi dengan bekal ilmu yang telah dimiliki.

Para wisudawan, lanjut Rektor ke-13 UNAIR itu, memiliki tugas membalas budi kepada orang yang telah berjasa selama ini. Peran orang tua menjadi posisi utama karena berkat jasa mereka para wisudawan dibiayai bahkan bekerja keras untuk kesuksesan sang anak. Peran dosen dan tenaga pendidik tidak luput untuk selalu dikenang sebagai orang yang berjasa memberikan khasanah ilmu diperkuliahan.

Pada sambutan itu, Prof. Nasih juga berinteraksi dengan para wisudawan. Interaksi yang dilakukan berupa pemberian e-money dari Bank Mandiri kepada lima wisudawan yang mampu menjawab tantangan rektor.

Di akhir sambutannya, Prof. Nasih mengucapkan selamat dan sukses untuk para wisudawan. Prof. Nasih berharap para wisudawan tetap menjaga nama almamater dan memiliki karakter HEBAT. (*)

Penulis: Aditya Novrian

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).