Bekali Ketrampilan Mahasiswa D3 Manajemen Perhotelan Lewat Training

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Mahasiswa D3 Perhotelan saat mengikuti proses training untuk magang. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan bagian penting dari pendidikan vokasi, terutama di Program Studi Manajemen Perhotelan. PKL bertujuan untuk membantu mahasiswa mempersiapkan diri dan menambah pengalaman sebelum terjun ke industri perhotelan yang sesungguhnya. Selain itu, PKL penting bagi mahasiswa agar mereka  dapat mengimplementasikan ilmu dan ketrampilan yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang sudah didapat selama kuliah.

Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa mengikuti PKL, prodi menggelar serangkaian agenda yang terangkum dalam acara pembekalan PKL. Tujuan diadakan pembekalan PKL adalah diharapkan dapat membuka wawasan bagi mahasiswa yang akan melaksanakan PKL di hotel. Dengan adanya kegiatan ini mahasiswa dapat menentukan langkahnya dalam melaksanakan PKL sesuai dengan passion yang dimiliki. Yang menjadi target peserta pembekalan PKL ini tentu saja bagi mereka yang akan mengikuti PKL, yakni mahasiswa D3 Manajemen Perhotelan Angkatan 2017.

Pembekalan PKL pertama dilaksanakan pada hari Kamis (29/08/2019), dengan materi prosedur dan tata cara pemilihan hotel tempat magang. Kegiatan tersebut  mendapat antusias dari seluruh mahasiswa Manajemen Perhotelan, terutama Angkatan 2017 yang segera akan mengikuti PKL.

Lebih jauh mahasiswa mengatakan bahwa acara pembekalan PKL ini penting.  “Pembekalan PKL ini sangat penting bagi mahasiswa, dengan diadakan pembekalan ini maka mahasiswa yang masih bingung ingin PKL dimana dapat bertanya dan mendapatkan jawaban yang sesuai dan bisa berpikir mau PKL dimana,” papar Arizky Epriyanto Mahasiswa D3 Manajemen Perhotelan yang mengikuti pembekalan PKL.

Dalam pembekalan PKL pertama ini, Dian Yulie Reindrawati S.Sos., M.M, P.hD selaku pembicara di pembekalan PKL menekankan pada mahasiswa agar dapat magang di hotel bintang 4 dan 5 serta magang di hotel luar negeri. Selain itu, ia juga menekankan untuk tidak memikirkan uang terlebih dahulu disaat magang atau PKL tetapi lebih memikirkan untuk mencari pengalaman yang banyak disaat magang.

“Agar disaat lulus nanti mahasiswa dapat lebih siap untuk bersaing dan terjun ke dunia industri perhotelan,” ungkapnya.

Penulis: Yuda Elsan P dan tim

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).