FKH UNAIR Ajak Masyarakat Pahami Pentingnya Susu

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Acara peringatan hari susu di Panti Asuhan Rodhiyatul Jannah Surabaya. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Susu merupakan salah satu minuman sumber nutrisi yang baik untuk proses pertumbuhan, kesehatan dan kecerdasan otak. Susu memiliki kandungan yang mendekati sempurna. Namun tidak banyak masyarakat Indonesia yang menyadari pentingnya susu bagi kesehatan, hal ini dikarenakan masih minimnya pengetahuan masyarakat akan hal tersebut.

Dalam rangka memperingati hari Susu Sedunia yang jatuh pada setiap tanggal 1 Juni yang lalu,  Kelompok Minat dan Profesi Veteriner Ternak Besar (KMPV TB) Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga, pada 25 Agustus 2019 mengadakan kegiatan bertajuk Peringatan Hari Susu KMPV TB 2019, dengan mengangkat tema “Milk For Now, Milk For Future

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa FKH UNAIR melaksanakan kegiatan sosial dan donasi yang bertempat di Panti Asuhan Rodhiyatul Jannah Surabaya.

Ditemui UNAIR NEWS, Nia Masitah selaku ketua pelaksana kegiatan peringatan hari susu menjelaskan latar belakang kegiatan tersebut. “Rendahnya konsumsi susu berpengaruh pada asupan zat gizi anak dan mengakibatkan masalah gizi lainnya, salah satunya adalah stunting atau pendek”.

Masitah menyebut, untuk mencegah stunting, beberapa zat gizi mikro yang dapat mencegahnya yaitu vitamin A, zinc, zat besi dan iodin, semua kandungan tersebut dapat diperoleh dari minum susu.

“Beberapa penelitian mengatakan susu tidak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan tulang, tetapi susu berperan pula dalam pertumbuhan tinggi badan,” imbuhnya.

Kekurangan asupan kalsium, lanjutnya, dapat mengakibatkan gangguan tingkat sel, oleh karena itu kekurangan asupan kalsium yang terjadi pada masa pertumbuhan dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan. Kalsium sangat penting bagi pertumbuhan, kecukupan kalsium pada masa hamil, anak-anak dan remaja harus dapat dipenuhi.

Rangkaian kegiatan Peringatan Hari Susu akan terus berlanjut. Pada hari Minggu 8 September 2019 mendatang, mahasiswa FKH akan membagikan susu dan edukasi yang berlokasi di Danau Universitas Airlangga. Pihaknya berharap, kesadaran masyarakat dapat meningkat akan pentingnya minum susu setiap hari.

“Dengan itu kesehatan masyarakat dapat jauh lebih baik dan terciptalah anak-anak Indonesia yang sehat dan berprestasi tinggi untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara gemilang dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Selain itu, hal tersebut secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan kesejahteraan peternak”, pungkasnya.

Penulis: Muhammad Suryadiningrat

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).