Enam Mahasiswa FH Ikuti Summer School di Inha University, Korea Selatan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
MAHASISWA FH UNAIR saat mengikuti summer school di Inha University, Incheon, Korea Selatan. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Pada liburan semester semester genap 2019, terdapat banyak kegiatan yang bias diisi oleh mahasiswa yakni berupa summer school, student exchange, magang dan kegiatan lainnya. Di Universitas Airlangga (UNAIR) terdapat kegiatan Airlangga Student Outbound di mana mahasiswa memiliki kesempatan mendapatkan pengalaman belajar di luar negeri. Di UNAIR, Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Kelas internasional diwajibkan melakukan student outbond ke luar negeri.

Dalam rangka memenuhi kewajiban tersebut, enam mahasiswi kelas Internasional FH UNAIR 2017 yakni Ainaya Nadine, Adinda Huriyah, Arsasti Satya, Claudia Saymindo, Rachel Natalia, dan Zulfa Zahara mengikuti program Summer School yang diselenggarakan oleh Inha University di Incheon, Korea Selatan  selama tiga minggu pada 22 Juli hingga 10 Agustus 2019.

Inha University merupakan universitas yang didirikan oleh presiden pertama Korea Selatan, Syngman Rhee, yang juga merupakan pendiri dari Hanjin Company. Sebuah perusahaan multinasional yang salah satu lini bisnisnya adalah Korean Air. Program Summer School tersebut diikuti lebih dari 300 mahasiswa dari 25 negara diseluruh penjuru dunia. Diantaranya, Uzbekistan, Guatemala, Amerika Serikat, Jerman, Prancis, dan lainnya. Selama tiga minggu, keseharian mahasiswa FH UNAIR diisi dengan perkuliahan, field trip dan memelajari lebih jauh tentang budaya Korea Selatan.

Perkuliahan yang mereka ikuti diisi oleh Thomas Mettes, dosen senior Ekonomi dan Bisnis Korea Selatan yang memberikan materi mengenai perkembangan ekonomi Korea. Satu hal yang menarik adalah mereka juga mempelajari perusahaan multinasional terbesar di Korea yaitu Lotte Group. Bahkan, mereka berkesempatan untuk mengunjungi Lotte World.

Selain ekonomi, mereka juga belajar Hubungan Internasional di wilayah Asia Timur. Dalam hal ini, mereka dikenalkan dengan sejarah Korea Selatan dalam masa penjajahan dan mengunjungi situs bersejarah yaitu Pulau Ganghwa yang menjadi saksi keterpurukan Korea Selatan dalam invasi Mongol. Diluar kegiatan perkuliahan, mereka juga mengeksplor Seoul yang berjarak 2 (dua) jam dari Incheon. Mengunjungi Han River, Namsan Tower, melihat secara langsung perkampungan tradisional dengan rumah khas Korea di Bukchon Hanok Village, serta mencoba pakaian ciri khas Korea, hanbok sembari mengelilingi istana Gyeongbokgung, pusat pemerintahan yang didirikan oleh Dinasti Joseon sejak abad ke 14.   

Rachel Natalia, salah seorang mahasiswa yang melakukan summer school di Inha University menyampaikan bahwa ia senang mengikuti kegiatan summer school di Negeri Ginseng. “Rasanya fresh banget, karena bisa jalan-jalan sekaligus belajar banyak hal baru dalam 3 minggu,” ujar Rachel.

“Terdapat hal yang menarik saat awal kami mau jalan keliling bareng naik subway, kami belum ngerti rutenya. Jadi kami tersesat sampai 2 jam bolak balik naik turun kereta gak sampai tujuan dan masih salah. Sampai akhirnya tiba-tiba teman Arsasti bisa mengerti peta rutenya baru kita bisa pulang sampai ke asrama,” papar Rachel.

Penulis : Alicia Juanita

Editor : Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).