Pelatihan Legal Opinion Ajari Mahasiswa Cara Membuat Pendapat Hukum

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
RIZANIA Kharismasari, S.H., M.H. saat menjadi pemateri pelatihan Legal Opinion pada Rabu (21/08/2019). (Foto : Alicia Juanita)

UNAIR NEWS – Seorang calon sarjana hukum membutuhkan pengetahuan cara membuat suatu pendapat hukum yang baik. Legal Opinion atau pendapat hukum merupakan suatu hal yang menjadi peran penting seorang lawyer dalam memberikan konsultasi hukum. Pada Rabu, (21/8/2019), Badan Semi Otonom (BSO) Forum Studi Bisnis (FSB) Fakultas Hukum (FH) Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan pelatihan legal opinion di Ruang 308 Gedung B FH Kampus B.

Dalam pelatihan tersebut, terdapat dua pembicara yaitu Rizania Kharismasari, S.H., M.H selaku Managing Partner Zaidun & Partners Counselors & Attorneys at Law dan Faizal Kurniawan, S.H.,M.H.,LL.M.

Rizania Kharismasari, S.H., M.H menjelaskan, saat membuat suatu pendapat hukum dibutuhkan uji akar permasalahan hukum. Diberikan pula pemahaman kepada mahasiswa Hukum mengenai struktur legal opinion dan proses seorang konsultan hukum dalam mengetahui permasalahan para klien.

“Dalam legal opinion, strategi yang dibutuhkan seorang juris adalah menggali informasi dari klien serta menguasai kasus tersebut,” papar Managing Partner Zaidun & Partners Counselors & Attorneys at Law .

Pada sesi kedua yang dibawakan oleh Faizal Kurniawan, S.H.,M.H.,LL.M selaku Dosen FH UNAIR mengatakan, dalam legal opinion diperlukan anatomi mengenai dasar dan tujuan dari membuat legal opinion. “Kalau dokter resepnya obat, kalau hukum resepnya Legal Opinion,” ungkapnya.

Kepelatihan yang diadakan oleh BSO FSB ini merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh BSO yang berfokus pada hukum bisnis.

Yuni Indri Istina selaku ketua pelaksana menjelaskan, dengan diadakan kegiatan itu diharapkan dapat memberikan pengetahuan terkait strategi dan cara penyusunan legal opinion yang baik dan benar.

“Harap saya kedepannya akan sering ada kepelatihan seperti ini agar mahasiswa fakultas hukum dapat lebih mengasah softskillnya dalam bidang legal opinion,” ujar Yuni.

Penulis : alicia juanita

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu