Penampilan UKM UNAIR Semarakan Amerta Abhiseka 2019

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Di hadapan 7.000 mahasiswa baru, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Airlangga (UNAIR) ikut menyemarakan gelaran penutupan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UNAIR. Tepatnya digelar pada acara bertajuk Amerta Abhiseka yang dihelat di Airlangga Convention Center (ACC) pada Sabtu (10/8/2019).

Meskipun tidak semua UKM dapat berpartisipasi pada acara tersebut, terlihat antusiasme penonton sangat tinggi. Beberapa UKM yang berkesempatan untuk tampil pada acara tersebut, di antaranya, UKM Seni Religi (UKM-SR), Unit Kegiatan Tari dan Karawitan (UKTK), Airlangga Orchestra, UKM Paduan Suara, UKM Taekwondo, dan UKM Setia Hati Terate (SHT).

UKM SR membuka acara dengan penampilan religi. Diiringi tabuhan rebana, UKM SR membawakan beberapa lagu, seperti Ilahana, Ya Makkatal, dan Taanas. UKM yang genap berusia empat tahun itu juga secara khusus menampilkan Sholawat Al Banjari karena hari itu bertepatan dengan 9 Dzulhijjah, yakni hari Arofah.

Disusul UKM SHT dan UKM Taekwondo dari UKM divisi bela diri. UKM PSHT sendiri menampilkan seni bela diri dan memperagakan beberapa senjata bela diri.

”Kami menampilkan senjata yang umumnya digunakan pada bela diri PSHT, seperti toya, belati, dan golok yang kami kemas dengan gerakan bela diri,” ungkap Muizah.

Yang menarik, UKM Taekwondo selain menampilkan seni bela diri juga membuat koreografi bela diri yang dipadu dengan tarian. Sontak, aksi tersebut disambut teriakan antusias dari seluruh penonton yang hadir.

Tak kalah unik, UKTK menampilkan karya tarian yang mereka buat sendiri. Yakni, tarian Garuda Mukti dan Tirta Amerta.

”Garuda Mukti merupakan tarian karya UKTK UNAIR yang menceritakan tentang kehidupan Kerajaan Kahuripan yang aman dan tentram. Garuda Mukti merupakan lambang dari Ksatria Airlangga yang menunjukkan kejayaan dan kemakmuran Airlangga,” ucap lantang Grandy ketika membacakan sinopsis tarian itu di awal penampilan UKTK. Sedangkan Tirta Amerta menceritakan tentang air abadi yang dibawa dalam kendi oleh Garuda Mukti.

Selain itu, UKM Airlangga Orchestra berkolaborasi dengan UKM Paduan Suara tampil apik di pengujung acara. Selanjutnya, Amerta Abhiseka ditutup dengan penampilan kejutan dari grup band Geisha. (*)

Penulis: Erika Eight Novanty

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).