Gathering IKA UA Madiun Raya “Ngumpulno Balung Pisah”

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
IKA UA
Ketua I IKA UA Akmal Budianto saat memberikan sambutan. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS –  Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UA) Cabang Madiun Raya menggelar Gathering IKA UNAIR dalam bingkai “Ngumpulno Balung Pisah” pada Sabtu (27/7/2019). Dalam bahasa Jawa, “Ngumpulno Balung Pisah” berarti mengumpulkan tulang-tulang yang terpisah. Ungkapan tersebut merujuk pada tradisi masyarakat Jawa untuk mengumpulkan keluarga besar yang memiliki hubungan kekerabatan dalam sebuah acara silaturahim.

Bertempat di Sun Hotel Madiun, Jalan S. Parman Madiun, puluhan Alumni UNAIR berkumpul bersama untuk melakukan pemilihan dan pembentukan formatur IKA UA Madiun. Gathering itu dihadiri langsung olehWakil Rektor IV UNAIR Junaidi Khotib, S.Si, Apt., M.Kes, Ph.D.,dan Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, SH, M.Si.

Gathering tersebut juga dihadiri oleh Ketua I IKA UA Akmal Budianto, Ketua IKA UA Wilayah Jatim Hendy Hendarto, Ketua IKA UA Cabang Madiun Raya dr Cahyo Winantyo, Sp.B., Ketua Panitia Gathering drg. Priyo Raharjo,serta Direktur RS Dr Soedono dr. Bangun Trapsila Purwaka, alumni UNAIR Fakultas Kedokteran 1977.

Ketua IKA UA Cabang Madiun Raya dr Cahyo Winantyo, Sp.B., memberikan sambutan pada acara tersebut. Cahyo mengungkapkan sudah beberapa kali mengadakan kegiatan alumni. Diantaranya adalah sepeda santai, lalu kemudian jazz yang setiap ada acara pasti ada yang berhalangan.

“Pada hari ini, atas dukungan dari donatur, acara bisa berlangsung. Acara ini bertujuan untuk pemilihan atau pembentukan formatur agar IKA UA Madiun bisa berjalan,” jelasnya.

Cahyo menuturkan bahwa  sejak tahun 2013 hingga sekarang, acara dalam bentuk pemilihan dihadiri tidak lebih dari 7 orang. Oleh sebab itu, tahun ini acara tersebut dibentuk dalam model gathering dengan harapan akan lebih banyak alumni yang datang.

“Harapannya supaya IKA UA lebih solid daripada IKA tetangga,” tambahnya.

Wakil Rektor IV UNAIR Junaidi Khotib, S.Si, Apt., M.Kes, Ph.D menuturkan bahwa Gathering UNAIR sangat memberikan kebermanfaatan. Pengakuan masyarakat tergantung pada kontribusi alumni di masyarakat.

“Gathering UNAIR memberikan manfaat bagi konektifitas antar alumni dan juga perkembangan universitas ke depan. Bagaimanapun juga pengakuan oleh masyarakat apakah universitas itu baik atau tidak itu tergantung dari kontribusi alumni di masyarakat,” pungkasnya.  (*)

Penulis : Sandi Prabowo

Editor : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).