Mahasiswa FST Sabet Juara II di Kompetisi Jamkrindo Hackathon 2019

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
HENDRIYAN Ogivano lima dari kiri juara 2 Jamkrindo Hackathon 2019 pada acara awarding Jamkrindo Hackathon di Aconvention Hall Ancol (13/7/19). (Foto: Istimewa)
HENDRIYAN Ogivano lima dari kiri juara 2 Jamkrindo Hackathon 2019 pada acara awarding Jamkrindo Hackathon di Aconvention Hall Ancol (13/7/19). (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Bertambah lagi prestasi yang berhasil ditorehkan Ksatria Airlangga. Kali ini prestasi tersebut ditorehkan oleh Hendriyan Ogivano, mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga.

Bersama dengan timnya, Hendriyan –atau sering disapa Hend­– menyabet juara II dalam ajang lomba Jamkrindo Hackathon 2019 yang diselenggarakan mulai tanggal 9 sampai 13 Juli 2019 di Jakarta. Pengumuman tersebut resmi diumumkan pada Sabtu (13/7) di Aconvention Hall Ancol.

”Perasaannnya itu excited senang tak terduga,” tutur mahasiswa Jurusan Sistem Informasi FST tersebut.

”Orangtua, ya bahagia itu aja. Karena, perasaan nggak bisa dijelaskan,” tambahnya.

Dengan berbekal motivasi yang realistis, Hend bersama dengan Bayu Ramadhan mahasiswa SI 2017 UNAIR dan Rifki Fadillah Akbar mahasiswa PENS mengikuti Kompetisi tersebut. Pada kompetisi yang diikuti dari berbagai kota di Indonesia tersebut, Hend mengaku mengalami sejumlah kendala. Salah satu kesulitannya yaitu waktu build aplikasi waktu yang mepet. Hanya diberikan waktu 1 hari untuk meyelesaikannya dan fitur-fiturnya juga harus selesai.  

Dengan mengambil ide dari permasalahan Marketing Force Monitoring, Hend bersama tim membuat aplikasi berdasar maps. Bagi mahasiswa angkatan 2016 tersebut, permasalahan itu sengaja diambil karena problem pilihan tersebut merupakan yang paling krusial akhir-akhir ini.

”Jadi, idenya itu dari aplikasi-aplikasi maps yang dapat memantau lokasi pengguna. Dari situ, kami punya solusi untuk memantau karyawan benar-benar melakukan marketing dengan absen menggunakan gps yang nantinya dapat terecord ke dalam dashboard website-nya,” jelasnya.

Dengan prestasi yang ditorehkan, Hend berharap dapat mengembangkan build up aplikasi untuk masyarakat luas. ”Harapannya dapat berkembang lagi, tidak hanya lomba saja, namun dapat build up aplikasi untuk masyarakat luas,” terangnya.

Menjadi seorang mahasiswa Sistem Informasi, Hend memanfaatkan ilmu yang diperoleh dari perkuliahan. Hal tersebut ditunjukkannya dengan menorehkan berbagai prestasi. Salah satunya, selain ini adalah juara II dalam lomba Google I/O Recap Hackhaton 2018 yang diselenggaran oleh Developer Student Club (DSC) Jawa Timur.

Sebagai tambahan informasi, Jamkrindo Hackathon adalah lomba yang diselenggarakan Jamkrindo untuk programmer dan pengembang teknologi informasi dari masyarakat umum. Terutama untuk menghasilkan fitur dan teknologi baru bagi penjamin kredit dalam rangka HUT Jamkrindo yang ke 49 tahun.

Penulis: Asthesia Dhea C.

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu