Desa Mitra, PSDKU UNAIR Beri Pelatihan Pengemasan dan Pemasaran

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Desa Mitra
Penyampaian materi packaging dan marketing oleh pihak Sun Osing. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Kegiatan Pengabdian Masyarakat Desa Mitra Tamansari pada hari ke empat pelaksanaan mengadakan sosialisasi sekaligus pelatihan packaging dan marketing. Sasaran dari kegiatan itu ialah masyarakat dan kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pada kesempatan tersebut, pemaparan materi disampaikan langsung oleh perwakilan dari Sun Osing sebagai salah satu sponsor kegiatan desa mitra.

Desa Tamansari dikenal dengan desa wisata. Disamping memiliki potensi wisata yang sangat menarik, Desa Tamansari juga memiliki potensi sumber daya alam yang sangat bagus. Banyak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang muncul di desa Tamansari. Produk-produk yang ditawarkan oleh masyarakat ataupun UMKM Desa Tamansaridiantaranya kopi, susu segar, cengkeh dan masih banyak lagi.

Hal itulah yang melatar belakangi panitia mengangkat kegiatan sosialisasi dan pelatihan packaging. Adanya potensi yang besar di desa Tamansari, tidak hanya itu, banyak produk-produk unggulan di Desa Tamansari sehingga diharapkan dapat bernilai jual lebih tinggi. Oleh karena itu, diperlukan sosialisasi packaging dan marketing agar perekonomian UMKM memiliki nilai yang meningkat.

Ditemui UNAIR NEWS, Nanda Agustina selaku penanggungjawab dalam kegiatan tersebut menjelaskan bahwa UMKM di Desa Tamansari sebenarnya memiliki peluang untuk berdaya saing tinggi, mengingat jumlah wisatawan yang berkunjung ke desa Tamansari sangat banyak dan akan terus meningkat.

“Sosialisasi dan pelatihan ini kami berikan supaya dapat di terapkan dalam proses perindustrian UMKM nya”, ujarnya. “Antusiasme masyarakat dan beberapa perwakilan dari UMKM sangat tinggi, karena menurutnya, ini sangat jarang dilakukan di sini, dan merupakan ilmu baru bagi mereka,” tandasnya.

Untuk materi yang disampaikan, tambahnya, mengenai sejarah packaging mulai dari bambu hingga plastik wrap. Membuat packaging yang menarik serta melakukan marketing yang baik dan menarik. Selain mempunyai packaging yang menarik, perlu diketahui juga bahwa pengetahuan mengenai alur marketing yang baik dan benar sangatlah penting. Karena hal yang sangat mendasari dari sebuah awal usaha yaitu proses pemasaran. Selain itu, pihak Sun Osing juga menawarkan untuk menjadi mitra marketing.

“Harapan kami semoga kedepannya produk-produk dari UMKM di desa Tamansari dapat bernilai jual lebih tinggi dan juga dapat menarik perhatian dari pembeli juga,” pungkasnya. (*)

Penulis: Muhammad Suryadiningrat

Editor: Nuri Hermawan

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu