Mengapa Vaksinasi Penting Dilakukan Calon Dokter Sebelum Praktik Kerja?

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Salah satu calon dokter yang melakukan vaksinasi di RSUA pada Kamis (27/6). (Foto: Alif Fauzan)

UNAIR NEWS – Dalam satu tahun terakhir, Rumah Sakit Universitas Airlangga secara berkala memberikan vaksin kepada calon dokter dan calon dokter spesialis yang akan bertugas di rumah sakit. Pada periode ini, ada sebanyak 150 hingga 200 calon dokter dan calon dokter spesialis yang melakukan vaksinasi di Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) pada Kamis (27/6).

Ratusan calon dokter yang melakukan vaksinasi itu nantinya akan bertugas di RS Dr Soetomo, Surabaya, dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut UNAIR. Vaksin diberikan langsung oleh dokter Universitas Airlangga, salah satunya dr. Niken Sasadhara S.

“Tujuan pemberian vaksin ini adalah sebagai proteksi untuk mereka yang akan bertugas atau belajar di RS. Karena ketika bertugas di RS nanti calon dokter ini akan banyak terpapar dengan banyak cairan tubuh. Sehingga kita perlu memberi proteksi kepada mereka,” ujar dokter Niken, sapaan karibnya.

Dokter Niken menegaskan, vaksinasi ini diperlukan mengingat di RS tempat mereka bertugas nanti akan banyak berinteraksi dengan banyak pasien. Baik dengan penyakit menular, maupun yang tidak menular. Media penularan penyakit pun banyak macamnya. Yang bahaya adalah jika mereka akan banyak berinteraksi dengan pasien dengan penyakit menular.

“Harapannya dengan vaksinasi ini calon dokter bisa terproteksi dengan paparan penyakit yang mungkin bisa menular di rumah sakit,” tambahnya.

Selain melayani vaksinasi calon dokter dari Universitas Airlangga, RSUA juga melayani vaksinasi calon dokter dari kampus lain. Harapannya, calon dokter dimanapun berada dapat bekerja secara maksimal ketika melangsungkan praktik kerja nantinya. (*)

Penulis: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu