Habis Lebaran Terbitlah Ujian, Tips Belajar Selama Liburan ini Bisa Kamu Terapkan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi : Image Google

UNAIR NEWS – Masa liburan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu bagi mahasiswa. Setelah sekian lama berkutat dengan tugas dan kesibukan, waktu libur panjang tentu menjadi penawar sekaligus jeda dari padatnya rutinitas dunia kampus. Kebanyakan mahasiswa akan memanfaatkan waktu libur panjang untuk pulang ke kampung halaman. Melepas rindu dengan keluarga atau pergi berlibur bersama teman-teman seolah menjadi agenda wajib mahasiswa usai menyelesaikan ujian.

Namun, apa jadinya jika habis liburan justru terbit ujian?

Ya, tahun ini di beberapa kampus, termasuk UNAIR, Ujian Akhir Semester (UAS) baru akan dilaksanakan setelah libur lebaran. Jadwal UAS yang sudah menunggu tak jarang membuat sejumlah mahasiswa merasa liburannya tidak tenang. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Tenang, tidak perlu bimbang atau dilema antara belajar atau pergi liburan. Beberapa tips ini bisa membantu kamu untuk menyiapkan diri menyambut UAS pasca libur lebaran.

  • Bawa Materi atau Buku Mata Kuliah saat Pulang ke Rumah

Selain membawa oleh-oleh untuk keluarga, jangan lupa membawa materi atau buku untuk belajar di rumah. Hal ini juga bisa menjadi pengingat bahwa meskipun liburan, kamu masih punya tanggung jawab untuk belajar. Ayo semangat biar dapat IPK empat!

  • Pelajari Materi secara Bertahap

Mulai sekarang, sebaiknya hindari belajar dengan Sistem Kebut Semalam (SKS). Karena selain materi yang diserap tidak optimal, kebiasaan ini merupakan pola belajar yang tidak sehat. Kamu bisa mengisi waktu istirahat dengan mencicil belajar. Cari waktu belajar yang paling kamu sukai agar mood semakin meningkat dan membuat kondisi otak menjadi lebih fresh. Cukup luangkan waktu 30-60 menit untuk mempelajari materi ujian.

  • Atur Waktu Main di Luar

Meskipun kamu punya tanggung jawab belajar, bukan berarti tidak bisa jalan-jalan dan ngumpul bareng teman-teman. Cobalah untuk mulai mengatur waktu saat pergi hangout. Terlalu sering main atau bersantai juga bisa membuatmu malas untuk membuka materi kuliah kembali. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu berkumpul dengan teman-temanmu sekaligus belajar bersama.

  • Hindari Kegiatan Un-Faedah

Kenyataan menghadapi ujian memang membuat liburanmu tidak bisa nyantai maksimal. Adakalanya menonton film atau drama, streaming YouTube, atau scrolling media sosial, terkadang menjadi alternatif pilihan saat sedang suntuk atau bosan. Namun, jangan sampai berlebihan. Ada baiknya kamu memanfaatkan waktu luang untuk belajar demi UAS yang akan datang. Tentu kamu ingin mendapat nilai yang baik, bukan?

  • Istirahat Cukup

Jangan biarkan kesibukan selama liburan justru menguras energi berlebihan. Tubuh dan otak juga perlu istirahat. Cukupi kebutuhan istirahat agar performa dan kualitas konsentrasimu terjaga. Jangan sampai usai liburan kondisi kesehatanmu malah tumbang, ya.

  • Penuhi Asupan Gizi

Pola makan dan asupan nutrisi juga perlu diperhatikan. Penuhi kebutuhan konsumsimu dengan makanan yang bergizi lengkap dan seimbang. Cukupi asupan karbohidrat, protein, dan lemak. Perbanyak pula konsumsi makanan yang kaya akan Omega-3 yang dapat membantu kinerja otak, seperti ikan sarden, salmon, dan telur. Terakhir, jangan lupa minum air putih yang cukup agar otak tetap fokus.

Beberapa tips di atas bisa coba kamu terapkan untuk mewarnai masa libur lebaran. Akhir kata, selamat berlibur dan menempuh UAS yang akan datang. (*)

Penulis : Zanna Afia Deswari

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu