Semarak Ramadhan Santri Cilik Ikuti Airlangga Islamic Competition for Kids

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
BANGGA: Foto bersama pemenang Airlangga Islamic Competition for Kids 2019 HMA PSDKU Banyuwangi. (Foto: Istimewa)
BANGGA: Foto bersama pemenang Airlangga Islamic Competition for Kids 2019 HMA PSDKU Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Ramadhan disambut dan disemarakkan dengan suka cita oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi Program Studi Di Luar Kampus Utama (HMA PSDKU) Universitas Airlangga di Banyuwangi. Di bulan yang penuh berkah itu, HMA PSDKU mengadakan kegiatan Airlangga Islamic Competition for Kids se-kabupaten Banyuwangi. Program kerja garapan Departemen Eksternal Divisi Sosial Masyarakat itu menjadi program kerja baru HMA PSDKU.

Berdasarkan wawancara bersama Ratika Eka Putri Septiana selaku Ketua Pelaksana Airlangga Islamic Competition for Kids menyampaikan, kegiatan perdana yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan 1440 H dikemas dengan serangkaian aksi ramadhan. Perihal tujuan, jelasnya, acara yang bertempat di Kampus Sobo itu bertujuan untuk menstimulus para dai cilik untuk dapat mengembangkan bakatnya.

“Untuk tahun ini, tema yang diusung adalah Indahnya Ramadhan Menuai Berkah,” jelasnya.

Dalam kegiatan Airlangga Islamic Competition for Kids itu, lanjutnya, ada tiga perlombaan lomba. Mulai lomba dai cilik, hafalan surat-surat Quran, dan lomba adzan. Pada saat dibuka pendaftaran, menurutnya, ada empat puluh dua peserta yang berasal dari Taman Pendidkan Al-Qur’an (TPQ), Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar(SD) se-Kabupaten Banyuwangi. Namun, lanjutnya, saat akhir pendaftaran membludak menjadi lima puluh dua peserta.

“Peserta sangat antusias dalam mengikuti perlombaan ini, wali murid yang mendampingi para putra putrinya sangat bangga dan terharu melihat buah hatinya bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat dengan mengikuti Airlangga Islamic Cometition for Kids,” ungkap mahasiswa yang akrab disapa Ratika.

Tercatat, dari hasil kegiatan Airlangga Islamic Competition for Kids 2019 pemenang lomba hafalan surat-surat Al-Qur’an kategori TK juara pertama diraih oleh Muhammad Fatih, kedua Naufal Fadilah Yusuf dan yang ketiga yaitu Hanin Alya. Pada kategori SD, juara pertama dan kedua dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri satu Banyuwangi dan juara ketiga dari SDN Model.

Untuk perlombaan Adzan, kategori TK juara pertama oleh  R.A Tunas, kedua dari TK AI Khomar dan ketiga dari TK Model. Pada kategori SD juara pertama dan kedua di sabet oleh SD Model dan juara ketiga dari MIN 1 Banyuwangi. Pada lomba pildacil juara pertama Zahrotussita Aulia W, kedua Faiz Al Izza, dan juara ketiga Arlyeta Mhira Anindya.

Penulis: Sulistyo Primadani

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).