HMA PSDKU Rayakan Bulan Suci Lewat Serangkaian Aksi Ramadhan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SALAH satu kegiatan AKSI Ramadhan HMA PSDKU UNAIR di Banyuwangi. (Foto: Istimewa)
SALAH satu kegiatan AKSI Ramadhan HMA PSDKU UNAIR di Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS  – Bulan suci penuh berkah yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia telah datang. Dalam waktu 30 hari yang singkat ini, seluruh umat berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan. Begitu pula yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga (UNAIR) di Banyuwangi.

Melalui program kerja Departemen Eksternal HMA PSDKU yakni Aksi Ramadhan, pengurus bersama panitia melaksanakan kegiatan sosial yang terdiri dari beberapa rangkaian acara. Di antaranya ada 4 yaitu: santunan ke panti asuhan, berbagi takjil dengan warga sekitar, Accounting Islamic Competition for Kids, dan buka puasa bersama seluruh warga akuntansi sekaligus peringatan ulang tahun HMA. Serangkaian ini diselenggarakan pada tanggal 11 Mei 2019 dan 18-19 Mei 2019.

Ditemui tim UNAIR NEWS selepas acara (11/5/2019), Hanna Lintang Utaminingrum yang menjabat sebagai Kepala Departemen Eksternal menjelaskan bahwa sore itu telah dilaksanakan dua dari total empat agenda serangkaian Aksi Ramadhan. Kegiatan tersebut adalah santunan kepada anak yatim di Panti Asuhan Yapeenatem dan pembagian takjil di daerah Masjid Akbar Baiturahaman dan Universitas Banyuwangi.

“Dalam kegiatan hari ini di Panti Asuhan Yapeenatem, kami mengadakan kegiatan bersama anak panti di antaranya pembukaan, bermain games, mendengarkan ceramah, dan doa bersama yang kemudian ditutup dengan pemberian santunan ke panti asuhan. Kemudian, sorenya kami bersama panitia Aksi Ramadhan melanjutkan kegiatan pembagian takjil gratis di jalan sekitar Masjid Baiturrahman hingga lampu merah di depan Uniba,” jelasnya menerangkan.

Lebih lanjut, berdasarkan wawancara bersama Ratika Eka Putri Septiana selaku Ketua Pelaksana Aksi Ramadhan 2019 menerangkan dari total 50 anak panti asuhan yang terdaftar, seluruhnya aktif mengikuti kegiatan Aksi Ramadhan hari itu. Sambutan yang panitia dapat pun sangat baik, bahkan Panti Asuhan Yapeenatem berinisiatif untuk mengundang ustadz yang kemudian mendoakan kelancaran sidang, skripsi, dan Ujian Akhir Semester (UAS) di PSDKU UNAIR.

Mahasiswi yang memasuki semester dua perkuliahan ini mengatakan bahwa santunan yang diberikan ke panti asuhan bukan merupakan uang namun berbentuk barang-barang kebutuhan rumah tangga seperti alat-alat kebersihan yang dibutuhkan oleh Panti Asuhan Yapeenatem.

“Tujuan utama dari diselenggarakannya kegiatan Aksi Ramadhan hari ini adalah menumbuhkan jiwa religius dan rasa peduli ke saudara yang kekurangan,” jelasnya menutup. (*)

Penulis: Tsania Ysnaini Mawardi

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu