Semangat Belajar Rosyta dari Tanah Perantauan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
ROSYTA Nur Azizah, Mahasiswi Bidikmisi asal Fakultas Psikologi (Fpsi) Universitas Airlangga yang mempunyai semangat belajar di tanah perantauan. (Foto: Dok. Pribadi)
ROSYTA Nur Azizah, Mahasiswi Bidikmisi asal Fakultas Psikologi (Fpsi) Universitas Airlangga yang mempunyai semangat belajar di tanah perantauan. (Foto: Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hakdiknas) yang jatuh pada 2 Mei, UNAIR NEWS menyambangi Fakultas Psikologi (Fpsi) untuk bertemu Rosyta Nur Azizah, Mahasiswi berprestasi Bidikmisi asal Kalimantan. Mahasiswi yang akrab disapa Rosyta itu akan bercerita tentang perjuangannya berkuliah di Universitas Airlangga (UNAIR).

Ketika mendaftar kuliah di FPsi UNAIR, Rosyta tak pernah menyangka dapat diterima. Sebab, pada awalnya, ia hanya dapat berharap sembari melakukan yang terbaik untuk persiapan pendaftaran mahasiswa baru.

”Sewaktu saya berada di Sampoerna Academic Boarding School, Jakarta Selatan. Saya belajar siang dan malam agar bisa berkuliah di universitas impian saya, Universitas Airlangga. Di samping itu, saya memberanikan diri untuk mendaftar bidikmisi dengan mengambil jurusan favorit psikologi,” tuturnya.

Pilihan seperti itu rupanya tidak lahir begitu saja, sejak duduk di sekolah menengah pertama. Rosyta telah kehilangan ibundanya dan sejak saat itu dirinya merasakan titik balik untuk membanggakan keluarganya lewat hidup mandiri, yakni merantau.

”Saya sering merindukan keluarga saya, karena tak terasa sudah lima tahun saya merantau dengan belajar di luar pulau (Kalimantan, Red). Saya selalu termotivasi lewat papa, karena yang aku bisa lakukan untuk membanggakannya adalah lewat belajar, biarpun itu sampai harus jauh-jauh kuliah keluar Kalimantan,” ujar Rosyta, mahasiswi asal Bontang Kalimantan Timur tersebut.

Di tanah perantauan, tepatnya di Surabaya. Rosyta terlibat aktif di organisasi perkuliahan. Tercatat, ia pernah menjadi bagian di HRD Garuda Sakti dan BEM KM Psikologi UNAIR sebagai media branding.

Prestasi yang pernah didapat Rosyta cukup banyak. Di antaranya, juara II LKTI Nasional SCARCE Universitas Negeri Malang tahun 2018, juara I Desain Intervensi Universitas Udayana Tahun 2018, juara Harapan I LCC Universitas Diponegoro Semarang 2018, dan Finalis Olimpiade Ekonomi Universitas Negeri Sebelas Maret Solo tahun 2016. (*)

 

Penulis: Fariz Ilham Rosyidi

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu