Mahasiswa Ajarkan Kesehatan Gigi dan Cuci Tangan di Masalembu

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Menggunakan Flip Cart, Prameswara Naori Rajmadani mahasiswi asal Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) mengajari siswa Taman Kanak-Kanak Masalima cara menjaga kesehatan gigi, Kegiatan itu dilakukan pada Senin (14/04/2019).

Oik –sapaan akrabnya– mengatakan ke UNAIR NEWS. Alasan memberikan materi kesehatan gigi karena menganggap anak-anak di Masalembu memerlukan sosialisasi kesehatan untuk menjaga kebersihan gigi.

”Karena (sosialisasi, Red) itu butuh. Jadi, yang dipilih anak TK. Kenapa TK? Ya karena semakin dini menjaga kebersihan gigi semakin baik,” tuturnya.

Dalam pemaparannya di kelas, Oik menjelaskan materi tentang bagaimana cara menjaga kebersihan gigi. Seperti mengomsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi, mengurangi makan-makanan yang manis. Dan, rutin menyikat gigi saat pagi sesudah makan serta malam sebelum tidur.

”Dan, yang tak kalah pentingnya, saya juga memberi contoh bagaimana praktik menyikat gigi yang benar kayak bagian depan itu dari gusi ke gigi. Sedangkan gigi samping itu bulat-bulat,” katanya.

 

PRAMESWARA Naori Rajmadani mahasiswi asal Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) sedang mengajari anak-anak TK Masalima menggosok gigi. (Foto: Fariz Ilham Rosyidi).
PRAMESWARA Naori Rajmadani mahasiswi asal Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) sedang mengajari anak-anak TK Masalima menggosok gigi. (Foto: Fariz Ilham Rosyidi).

 

Cuci Tangan dengan Bernyanyi

Setelah Oik, giliran Wahyu Setyo Putro, mahasiswa asal Fakultas Ilmu Budaya (FIB) tampil di depan kelas. Wahyu mengajak ke-39 siswa TK Masalima untuk mencuci tangan sambil bernyanyi bersama. Tampak antusias wajah anak-anak mengikuti nyanyian Wahyu dengan gerakan cuci tangan.

Cuci-cuci tangan jangan lupa sabunnya, Diair mengalir diseluruh bagian

Mulai dari depan hingga kebelakang, Sela-sela jari, buku buku jari

Kuku-kuku jari jempol pergelangan, Ayo semua lakukan sekali lagi,” dendangnya bersama anak-anak TK Masalima.

Setelah mengetahui cara menjaga kebersihan gigi dan tangan, anak-anak diajak keluar kelas untuk mempraktekkannya. Berduyun-duyun siswa SD dan ibu-ibu hadir menyaksikan tingkah lucu dari anak-anak yang menggosok gigi dan cuci tangan.

Selepas kegiatan, Wahyu merasa sangat senang dengan antusiasme peserta. Tak lupa dirinya juga berharap anak-anak yang sudah mengikuti promosi kesehatan dapat mengingat dan mempraktikkan apa yang sudah disampaikan oleh mahasiswa. (*)

 

Penulis: Fariz Ilham Rosyidi

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).