Komikat Basket PSDKU Banyuwangi, Ingin Harumkan Almamater Lewat ABC

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
KOMPAK: Tim Komikat PSDKU Banyuwangi usai melakukan latihan rutin. (Foto: Istimewa)
KOMPAK: Tim Komikat PSDKU Banyuwangi usai melakukan latihan rutin. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Airlangga Basketball Competition (ABC) menjadi pioner event olah raga yang digagas oleh Komunitas Minat dan Bakat (Komikat) Basket Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga di Banyuwangi. Kompetisi bergengsi itu pertama kali diselanggarakan pada tahun 2016.

Mengenai hal tersebut, R. M. Firzha Hawari FKH 2018 selaku Ketua Komikat Basket 2019 mengatakan bahwa selain menjadi wadah mengembangkan talenta maupun wadah untuk belajar olahraga basket, Komikat Basket yang ia pimpin juga menjadi wadah untuk mengharumkan nama almamater. Salah satunya dengan melangsungkan kegiatan ABC. Tujuan adanya ABC sendiri, jelasnya, untuk memperkenalkan dan menggait siswa-siswi di berbagai daerah, khususnya di Banyuwangi untuk mau mendaftar di UNAIR.

“Karena bukan hanya melalui pendekatan secara akademis untuk menggait mahasiswa baru, namun pendekatan secara non akademis juga diperlukan. Apalagi, minat siswa-siswi di Banyuwangi tentang olahraga terbilang cukup besar,” jelasnya.

Mahasiswa yang akrab disapa Firzha itu juga menjelaskan bahwa pada tahun pertama ABC, konsep pertandingan 3×3 untuk siswa SMA Banyuwangi. Event tersebut, lanjutnya, disambut hangat oleh SMA di kota yang berjuluk kota gandrung ini. Terbukti antusiasme team sekolah yang mendaftar bukan hanya mengirimkan satu tim saja namun bisa mengirimkan dua hingga 3 tim tiap sekolah.

“Bukan hanya tim sekolah yang berasal dari kota saja namun tim sekolah dari setiap sudut kota juga ikut memeriahkan event ini,” ungkapnya.

Di tahun kedua, sambungnya, ABC tak hanya melibatkan siswa-siswi SMA saja untuk ikut berpartisipasi dalam event tahunan itu. Namun, ABC mulai merambah hingga siswa-siswi SMP di Kabupaten Banyuwangi. Untuk tahun ini, tandasnya, ABC akan diselanggarakan se Jawa Bali untuk kategori umum, universitas, SMA dan SMP.

Pada akhir, ia juga menegaskan bahwa meski ada kendala mengenai dana maupun publikasi, hal itu tidak mengurangi semangat tim Komikat Basket PSDKU untuk mengharumkan nama almamater, kususnya memperkenalkan PSDKU UNAIR di Banyuwangi melalui ajang ABC.

“Kami juga akan bekerjsama dengan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI), perusahaan untuk sponsorship acara kami, dan media publikasi maupun relasi untuk menyebarkan kami,” imbuh pungkas Firzha.

Penulis: Sulistyo Primadani

Editor : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).