Pengunjung sedang mengamati produk stem cell di booth UNAIR pada kegiatan Indonesia Start Up Summit 2019, Rabu (10/4/2019). (Foto: Bagus Dwi Prasetiyo)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Produk inovasi unggulan Universitas Airlangga ‘Stem Cell’ kembali mencuri perhatian di perhelatan besar. Setelah  menjadi produk unggulan di Indonesia Science Day tahun lalu, kini Stem Cell menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung di Indonesia Start-up Summit 2019 pada Rabu (10/4/2019) di Hall Jiexpo, Jakarta.

Pusat Riset dan Pengembangan Stem Cell Universitas Airlangga menjadi salah satu undangan tenant yang memeriahkan kegiatan tersebut dengan memamerkan produk unggulan riset dan inovasi.

Stem Cell merupakan produk unggulan riset Universitas Airlangga yang menerima hibah inovasi Kemeristekdikti pada tahun 2017. Produk ini memiliki banyak kegunaan, salah satunya untuk anti penuaan.

Produk stem cell yang dipamerkan di Indonesia Start-up Summit 2019 dikemas dalam bentuk serum pada botol kaca kecil dan tertutup untuk menghindari kontaminasi. Booth Stem Cell UNAIR ramai didatangi pengunjung yang ingin mengetahui lebih dekat soal kegunaan stem cell dan mencoba langsung serum tersebut.

Salah satu pengunjung yang mendatangi booth Stem Cell UNAIR yaitu Airni, mahasiswi Institut Pertanian Bogor. Ia mengaku belum pernah mengetahui secara jelas dan penasaran dengan kegunaan stem cell yang banyak digaungkan dalam dunia medis baru-baru ini.

“Setelah tahu kegunaan stem cell banyak dan sangat bagus, saya bangga dengan UNAIR yang bisa mengembangkan produk ini,” ujar Airni.

Indonesia Start-up Summit 2019 merupakan acara yang digagas oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, bekerja sama dengan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT). Dalam kegiatan ini, ditampilkan sebanyak 1.500 usaha rintisan (Start-up) dari seluruh Indonesia.

Lebih dari 5.000 undangan dari pegiat start-up Kemenristekdikti memadati acara pembukaan Indonesia Start-up Summit 2019 yang dibuka oleh Menristekdikti Muhammad Nasir.

Tim inkubator bisnis UNAIR juga mengirimkan delegasinya untuk mengikuti rangkaian acara dari Indonesia Startup Summit 2019, yakni kegiatan Booth Camp CPPBT (Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi) dan PPBT (Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi) Bussines Camp yang berlangsung mulai tanggal 9-14 April 2019.

“Inkubator Bisnis UNAIR memiliki 3 Judul untuk CPPBT dan 5 Tenan PPBT dalam acara ini. Diharapkan dengan acara ini delegasi inkubator UNAIR bisa menjadi perusahaan rintisan yang dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan Indonesia kedepannya,” ujar Ahmad Yusri Authoni, Asisten Manajer Program Inkubator Bisnis UNAIR. (*)

Penulis : Bagus Dwi Prasetiyo (LPBI UNAIR)

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone