HIMASEPA UNAIR akan Adakan Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah Terindeks Scopus

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh HIMASEPA
Ilustrasi oleh HIMASEPA

UNAIR NEWS – Pada 13 April 2019 mendatang, Himpunan Mahasiswa Sekolah Pascasarjana (HIMASEPA) UNAIR akan menggelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah pada Jurnal Ilmiah International dengan tema “Menembus Jurnal Internasional Terindeks Scopus”. Kegiatan itu bakal berlangsung di Gedung Sekolah Pascasarjana , Kampus B Universitas Airlangga Surabaya.

Mengenai hal itu, Dio Prasetyo Budi selaku Ketua HIMASEPA UNAIR 2019-2020 mengatakan bahwa organisasi yang ia pimpin merupakan organisasi mahasiswa Program Sekolah Pascasarjana, Magister dan Doktor di bawah naungan Sekolah Pascasarjana UNAIR. Terdiri dari 6 program Magister dan 1 program Doktor, yakni S3 Sumber Daya Manusia, S2 Sumber Daya Manusia, S2 Sains Hukum dan Pembangunan, S2 Ilmu Forensik, S2 Kajian Ilmu Kepolisian, S2 Immunologi, dan S2 Manajemen Bencana.

Pelatihan yang diadakan oleh HIMASEPA UNAIR ini, lanjutnya, memiliki tujuan utama adalah membantu rekan-rekan sesama mahasiswa UNAIR untuk menyelesaikan salah satu syarat kelulusan yakni Publikasi Artikel Ilmiah pada Jurnal Ilmiah Internasional Terindeks Scopus. Pelatihan ini juga terbuka untuk rekan-rekan mahasiswa dari universitas lain.

“Jadi, bagi para rekan-rekan yang belum tau mengenai tata cara atau prosedur penulisan artikel ilmiah yang sesuai dengan kategori Jurnal Internasional Terindeks Scopus, atau yang juga ingin menambah dan mempertajam wawasan seputar penulisan artikel pada Jurnal Ilmiah, pelatihan ini akan sangat bermanfaat dan sayang untuk dilewatkan,” jelasnya.

Konsep dalam pelatihan penulisan artikel ini, jelasnya, dibedakan antara Jurnal Sains dan Jurnal Sosial, serta ada sesi pembimbingan atau konseling secara langsung dari pemateri kepada para peserta.

“Dalam pelatihan ini, rekan-rekan akan dilatih oleh para pemateri yang sangat profesional dan berpengalaman dalam bidang Publikasi Internasional,” tandasnya.

Untuk bidang sains, lanjutnya, peserta akan dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. Agoes Soegianto, DEA dari Fakultas Sains dan Teknologi, sedangkan untuk bidang sosial, peserta akan dibimbing langsung oleh Prof. Dra. Myrtati Dyah Artaria, MA., Ph.D dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

“Pastinya pelatihan ini akan sangat membantu rekan-rekan dalam menulis artikel ilmiah yang dapat menembus Jurnal Internasional terindeks Scopus. Pelatihan yang berkualitas ini cukup terjangkau oleh rekan-rekan mahasiswa dan kuotanya terbatas hanya untuk 75 orang, jadi teman-teman sangat disarankan mendaftar segera sebelum kuotanya penuh,” ujar Ardhita selaku Ketua Panitia acara tersebut.

Tiga hari sebelum acara tersebut dilaksanakan diharapkan seluruh mahasiswa yang sudah terdaftar dalam pelatihan tersebut diharapkan untuk dapat mengumpulkan draft artikel ilmiah yang akan dipublikasi kepada panitia sehingga dapat dikoreksi terlebih dahulu oleh pemateri dan dapat dipresentasikan dan dibimbing langsung pada saat pelaksanaan pelatihan.

Penulis: Alam Subuh Fernando dan Adi Priyono

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu