SKI FISIP Belajar Jurnalistik dengan Kontributor UNAIR NEWS

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Sie Kerohanian Islam Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik (FISIP) menyelenggarakan ”Sekolah Infokom” pada Sabtu (30/3/2019) di Aula Ikhwan Masjid Nuruzzaman Universitas Airlangga. Acara diikuti oleh sekitar 20 anggota SKI FISIP UNAIR dalam rangka memberikan pelatihan seputar jurnalistik.

Dimulai pukul 08.00, acara itu dibuka dengan sambutan ketua pelaksana dan ketua SKI FISIP UNAIR. Dilanjutkan dengan tilawah yang dibacakan oleh salah seorang anggota SKI FISIP UNAIR.

Pemateri acara tersebut adalah Zanna Afia Deswari. Mahasiswi yang kerap disapa Zanna merupakan kontributor UNAIR NEWS. Materi yang disampaikan oleh Zanna meliputi jurnalistik, seperti pengertian jurnalistik, unsur-unsur jurnalistik, news value, hingga fotografi jurnalistik.

Setelah materi disampaikan selama dua jam, panitia membuka sesi pertanyaan. Dalam sesi tersebut, antusiasme para anggota SKI FISIP UNAIR terlihat begitu tinggi. Salah satu dari empat anggota yang bertanya adalah Zaki. Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAIR itu bertanya apa yang perlu disiapkan dan dilakukan sebelum meliput.

”Jadi, yang perlu disiapkan saat melakukan liputan itu buku catatan beserta alat tulis kantor (ATK). Selain itu, bawa kamera, minimal kamera handphone untuk mendokumentasi acara,” ujar Zanna.

Selain itu, Zanna menambahkan bahwa handphone juga dapat dimanfaatkan sebagai alat perekam suara. Perekam ini digunakan saat mewawancarai narasumber. Dia juga menegaskan untuk memastikan bahwa perekam suara tersebut harus sudah menyala ketika mewawancara.

”Kemudian, hal yang perlu diperhatikan saat akan melakukan liputan, yaitu mencari informasi tentang acara itu. Jangan hanya datang langsung menuju lokasi. Sehingga kalian (peserta, Red) bisa mengetahui apa saja yang dapat ditanyakan kepada narasumber ketika mewawancara,” katanya.

Zanna menambahkan bahwa ketika mewawancarai disarankan untuk mencari tahu informasi seputar acara tersebut. Setelah tahu acara tersebut, barulah mewawancarai narasumber dengan pertanyaan-pertanyaan yang lebih mendalam.

Pada sela-sela sesi pertanyaan, Zanna juga bercerita seputar pengalamannya saat kali pertama bergabung di UNAIR NEWS. Dia menjelaskan bagaimana situasi yang dihadapi olehnya pada kali itu harus meliput acara internasional dengan kondisi dia tidak tahu apa-apa. Sehingga pada akhirnya dia dapat mewawancarai orang yang tepat.

Dengan berakhirnya sesi pertanyaan, panitia mempraktikkan ilmu yang sudah diperoleh. Panitia memberikan waktu selama 15 menit pada peserta untuk menulis berita. Berita yang dituliskan adalah berita mengenai acara ”Sekolah Infokom”.

 

Penulis: Ardimawan Fikri Wibianto

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).