Pertama Kali Wakili UNAIR Ahdi Sabet Juara 1 Ju-Jitsu Tingkat Nasional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dari kiri: M. Ahdi Kurniawan, Rohmawati, dan M. Faqihufiddin berfoto bersama setelah pertandingan Ju-Jitsu antar mahasiswa tingkat nasional 2019 di Univet Bantara Sukoharjo, Jawa Tengah. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – M. Ahdi Kurniawan mahasiwa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil menorehkan prestasi gemilang di kejuaraan Ju-Jitsu antar mahasiswa tingkat nasional. Kejuaraan itu diselenggarakan oleh Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo, Jawa tengah.

Pertandingan ini dilaksanakan pada Sabtu (23/3/2019) dan Minggu (24/3/2019) di Auditorium Banatara Univet Sukoharjo.

Mahasiswa yang akrab disapa Ahdi itu menjadi salah satu wakil Universitas Airlangga dalam ajang tingkat nasional tersebut. Ahdi mengaku, ajang ini kali pertama bagi dia. Ia membawa nama UNAIR dan mendapatkan juara 1 Place Men’s Regular Fighting System-50kg Division.

“Motivasi ikut lomba adalah ingin meraih prestasi dan memperkenalkan nama UNAIR dalam bidang olahraga, ingin  meneruskan tradisi orang-orang terdahulu yang selalu mengikuti kejuaraan dan pulang membawa hasil,” ujarnya.

Walaupun tingkatan sabuk Ahdi aspel (asisten pelatih), ia juga masih merasakan kesulitan dalam pertandingan tersebut. Menurutnya, wasit kurang berkompeten dalam menilai. Seringkali tendangan, pukulan, bantingan, yang Ahdi rasa sudah masuk poin tapi bagi wasit belum ternilai. Tidak hanya itu, Ahdi merasa lawan dari daerah Ponorogo, Klaten, dan Surabaya lainnya lumayan untuk membuat gentar.

Meski demikian, prestasi yang ia raih tersebut menurutnya tak lepas dari persiapan yang matang. Sebelum bertanding, Ahdi berlatih lebih intens bersama rekan UKM Ju-Jitsu lainnya.

“Biasanya sebulan sebelum pertandingan teman-teman melakukan latihan rutin setiap hari. Persiapan teknik dalam pertandingan yang telah dipilih sesuai kelasnya. Persiapan fisik,” ungkap Ahdi.

Tips dan trik agar terus berprestasi versi Ahdi adalah fokus. Ahdi menyarankan untuk cukup memilih satu cabang olahraga yang disukai dan tidak memilih banyak cabang. Dari kecil hingga di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), Ahdi sudah belajar dan ingin berprestasi dalam cabang Ju-Jitsu.

“Cukup satu aja, tekuni dan giat latihan. Pasti suatu saat kalian bisa berprestasi,” tambahnya.

Tak hanya Ahdi, rekan lain yang mendapat juara I di antaranya yaitu M. Faqihufiddin pada Place Men’s Regular Fighting System-70kg Division, dan Rohmawati dalam kelas Place Women’s Regular Fighting System-55kg Division. (*)

Penulis : Rini Ramadhanty

Editor    : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu