Tahun Ini, Munwa Pribadi PSDKU Fokus Tingkatkan Public Speaking

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Munwa Pribadi sebagai tamu di acara Gandrung Sewu di Pantai Boom Marina tahun lalu. (Foto: M. Fariz)
MUNWA Pribadi sebagai tamu di acara Gandrung Sewu di Pantai Boom Marina tahun lalu. (Foto: M. Fariz)

UNAIR NEWS – Kemampun  berbicara di depan publik atau yang biasa disebut public speaking menjadi suatu hal yang penting bagi mahasiswa.  Untuk itu, sebagai  salah satu Komunitas Minat dan Bakat (Komikat) di Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga (UNAIR) di Banyuwangi, Komikat Munwa Pribadi atau singkatan dari Komunitas Mahasiswa Pengembangan Diri dan Kepribadian bakal fokus untuk peningkatan public speaking.

Ditemui UNAIR NEWS pada Selasa (26/3), Hanun Putri Nuraida selaku Ketua Munwa Pribadi menjelaskan fokus dari Munwa Pribadi ke depan. Selain hal yang mendasar seperti table manner dan keperibadian, lanjutnya, Munwa Pribadi tahun ini akan lebih fokus pada peningkatan public speaking bagi seluruh anggota.

“Sebagai komunitas pengembangan diri dan kepribadian, Munwa Pribadi dituntut untuk selalu menunjukkan eksistensinya. Salah satunya dengan public speaking yang baik. Karena public speaking sangat difokuskan tahun ini, kami bekerja sama dengan Radio Blambangan,” jelas mahasiswi Fakultas Kedokteran Hewan tersebut.

Untuk menyukseskan tujuannya, Munwa Pribadi juga bekerja sama dengan Pemerintah Daerah  Banyuwangi. Kegiatan Pemda Banyuwangi yang berhasil diikuti Munwa Pribadi pada tiga tahun berturut-turut mulai 2016, 2017, dan 2018, diantaranya Banyuwangi Beach Jazz Festival dan Gandrung Sewu.

Saat ini, lanjut mahasiswa angkatan 2017 itu, Munwa Pribadi sedang menggarap event tahunan yang cukup besar, yaitu Kartini Muda Airlangga IV. Serangkaian dari Kartini Muda Airlangga IV antara lain, lomba essay nasional, lomba fotografi, dan photogenic contest, serta penobatan Campus Ambassador (CA).

Pantauan SC

Dalam setiap kepengurusan, Munwa Pribadi dipantau langsung oleh Steering Committe (SC). Hal itu dimaksudkan untuk memantau langsung kepengurusan, sehingga menjadi jembatan aspirasi dan solusi didalam kepengurusan. Steering Committe Munwa Pribadi saat ini diamanahkan kepada M. Reynaldy Thoriq.

“Karena Munwa Pribadi ini kan eventnya bukan main-main ya, kita lebih ke eksternal, jadi peran SC sangat diperlukan sebagai seseorang yang berpengalaman disini (Munwa Pribadi, Red),” ujar pria yang akrab disapa Thoriq tersebut.

Selain itu, lanjutnya, eksistensi dari komikat yang didirikan pada tahun 2014 tersebut dibuktikan dengan peran sertanya mengikuti berbagai perlombaan. Pada tahun 2017, Heni Dwi Novitasari berhasil meraih Juara Harapan III Green and Recycle Fashion Week. Menyusul pada tahun 2018, Rista Amelia mewakili Munwa Pribadi melenggang di Ecthno Wear dan berhasil menyabet Juara Harapan III.

“Sebuah hasil itu tidak pernah terlepas dari proses. Mari kita berproses bersama di Munwa Pribadi. Sangat mudah untuk bisa bergabung dengan kami, hanya daftar dan tidak ada kriteria khusus. Kami hanya menekankan pada komitmen dan tanggung jawab,” tutupnya.

Penulis: Dian Putri Apriliani

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).