Robby Apriliano, Mahasiswa Vokasi yang Jadi Duta Gemarikan Jawa Timur 2019

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Robby Apriliano Salmon Sabami atau yang lebih akrab disapa Robby, Mahasiswa D3 Perpajakan Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga berhasil menorehkan prestasi gemilang. Tepatnya di Ajang Pemilihan Duta Gemarikan Jawa Timur 2019. Robby meraih juara I putra pada acara puncak Grand Final pemilihan Duta Gemar Ikan Jawa Timur 2019 di ballroom lantai 3 Hotel Harris Gubeng, pada Kamis (21/3/2019).

Robby mewakili Kota Surabaya dalam ajang yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur tersebut. Mahasiswa yang memiliki hobi bermain bulu tangkis itu dipasangkan dengan juara I puteri, yakni Khansa Nabilah Noorshy yang juga merupakan mahasiswa UNAIR.

ROBBY Apriliano Salmon Sabami (paling kanan) berfoto dengan keluarga seusai berhasil meraih juara I putra Grand Final pemilihan Duta Gemarikan Jawa Timur 2019 di ballroom lantai 3 Hotel Harris Gubeng, pada Kamis (21/3/2019). (Foto: Istimewa)
ROBBY Apriliano Salmon Sabami (paling kanan) berfoto dengan keluarga seusai berhasil meraih juara I putra Grand Final pemilihan Duta Gemarikan Jawa Timur 2019 di ballroom lantai 3 Hotel Harris Gubeng, pada Kamis (21/3/2019). (Foto: Istimewa)

Motivasi Robby mengikuti ajang tersebut berawal dari keprihatinannya melihat banyaknya nelayan di Kota Surabaya yang beralih pekerjaan. Penyebabnya, konsumsi ikan yang tidak stabil. Hal itulah yang membuat Robby ingin belajar serta mengambil peran dalam usaha meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat.

”Konsumsi ikan di Surabaya cukup fluktuatif dan para nelayan banyak yang alih profesi. Hal ini membuat saya mengikuti Duta Gemarikan Jawa Timur 2019supaya mendapat ilmu lebih banyak lagi,” tegasnya.

Setelah terpilih menjadi Duta Gemarikan Jawa Timur 2019, Robby bersama dengan rekannya akan bertugas selama dua tahun. Yakni, menjadi perpanjangan tangan Dinas Kelautan dan Perikanan untuk mengampanyekan pentingnya makan ikan kepada masyarakat.

Selain itu, Robby ingin menyampaikan pentingnya penggunaan barang daur ulang. Salah satu tujuannya, tidak banyak sampah dihasilkan yang akhirnya akan berakhir di laut.

”Saya memiliki misi untuk menyadarkan masyarakat. Bahwa mengonsumsi ikan akan membuat hidup lebih sehat. Dan, membuat masyarakat mencintai lingkungan. Caranya, dengan menggunakan botol minum tumblr (yang dapat dipakai berulang-ulang, Red) agar dapat mengurangi sampah sehingga laut kita terjaga,” tuturnya.

Sebelum mengikuti perlombaan itu, Robby melakukan berbagai pesiapan. Mulai fisik, mental, serta materi-materi yang harus dipelajari. Setelah dinyatakan lolos sebagai peserta Robby harus mengikuti beberapa tahap sebelum akhirnya dinobatkan sebagai juara I.

Selain sebagai mahasiswa UNAIR dan Duta Gemarikan Jawa Timur 2019, Robby aktif di sejumlah organisasi. Di antaranya, menjadi ketua Persekutuan Pemuda Remaja GKI Pregolan Bunder Pos Jemaat Benowo dan tergabung Paguyuban Cak dan Ning Surabaya. (*)

 

Penulis: Firman Wijaya

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).