Tingkatkan Mutu Pendidikan, UNAIR Adakan Workshop Akreditasi Internasional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Sebagai salah satu Universitas terbaik di dunia, Universitas Airlangga terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Salah satunya diukur dengan akreditasi perguruan tinggi dan program studi yang ada. Bukan hanya meningkatkan akreditasi nasional, melainkan juga akreditasi internasional.

Untuk itu, melalui Badan Penjaminan Mutu (BPM), UNAIR berkolaborasi dengan Foundation for International Business Administration Acreditation (FIBAA) untuk menggelar workshop. Terutama ditujukan untuk mendorong program studi bersiap melakukan akreditasi internasional. Bertempat di Ruang Kahuripan 301, Kantor Manajemen Kampus C UNAIR, pada Selasa (13/2/2019), hadir jajaran dekan dan wakil dekan seluruh fakultas yang ada di UNAIR.

Mewakili Rektor UNAIR Prof. Dr. Mohammad Nasih, S.E., MT., Ak., CMA., hadir Wakil Rektor I UNAIR I, Prof. Djoko Santoso, dr., Sp.PD-KGH., Ph.D., FINASIM., dalam diskusi tersebut. Prof Djoko menyampaikan bahwa workshop itu menjadi langkah yang baik bagi jajaran pimpinan fakultas bersiap melakukan akreditasi internasional. Workshop kolaborasi dengan menghadirkan FIBAA, ungkap Prof. Djoko, mesti dimanfaatkan dengan baik.

”Saat ini UNAIR mempunyai 17 program studi berakreditasi nasional dan 7 program studi berakreditasi internasional,” ungkap Prof Djoko.

Diskusi tersebut diawali dengan pengenalan badan akreditasi internasional FIBAA yang dipaparkan langsung oleh Chief Executive Officer (CEO) FIBAA Prof. Dr. Kerstin Fink. Dalam paparannya, Prof. Kerstin menjelaskan bahwa FIBAA merupakan badan akreditasi internasional yang memberikan penilaian mengenai mutu dan kualitas perguruan tinggi.

Prof. Dr. Kerstin menambahkan, FIBAA telah berkiprah dalam turut mewujudkan kualitas perguruan tinggi di dunia melalui akreditas selama 25 tahun. Mitra kolaborasi itu bukan hanya berfokus pada kawasan di benua Eropa, melainkan juga di kawasan lain di seluruh dunia.

”FIBAA adalah agen Eropa yang berorientasi internasional untuk penjaminan kualitas dan pengembangan kualitas dalam pendidikan tinggi. Kami melihat diri kami sebagai mitra bagi institusi pendidikan tinggi dan penyedia pendidikan yang sebanding,” ujarnya.

”Fokus disiplin kegiatan kami adalah studi manajemen, hukum, ilmu social, dan ekonomi. Melalui FIBAA, diharapkan workshop akreditasi ini dapat meningkatkan kualitas program studi yang ada di UNAIR menuju World Class university,” tambahnya. (*)

 

 

Penulis: Khefti Al Mawalia

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).