Senam dan Sepeda Santai bareng Warga, Tandai Peluncuran Sepeda Kampus UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Jajaran Pimpinan UNAIR saat istirahat sejenak di area Kampus B. (Foto: Nuri Hermawan)
Jajaran Pimpinan UNAIR saat istirahat sejenak di area Kampus B. (Foto: Nuri Hermawan)

UNAIR NEWS – Senam dan sepeda sehat yang dilakukan oleh civitas Universitas Airlangga bersama masyarakat pada Minggu pagi (27/1), menjadi salah satu penanda dari diluncurkannya sepeda kampus. Sebanyak 80 sepeda kampus bakal siap digunakan sebagai salah satu fasilitas baru di lingkungan UNAIR.

Sebelumnya, sepeda santai yang dilakukan dari kampus C ke kampus B dan ke kampus A serta kemudian kembali lagi ke kampus C, diikuti langsung oleh jajaran pimpinan UNAIR. Wakil Rektor IV UNAIR Junaidi Khotib, Ph.D., yang turut hadir dalam hal itu menyambut baik kebijakan baru yang dikeluarkan. Menurutnya, bersepeda memang harus menjadi bagian yang tak terpisahkan untuk meningkatkan kualitas hidup yang sehat.

“Ini juga bisa menjadi bagian untuk mengurangi polusi, menjadikan kampus bisa lebih hijau dan tentunya kampus akan menjadi tempat yang semakin bersahabat,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Sarana dan Prasarana UNAIR Karnaji S.Sos, M.Si., pada kesempatan yang sama juga mengatakan bahwa sepeda santai yang menjadi tanda peluncuruan sepeda kampus ini diharapkan bisa menjadi budaya baru di lingkungan UNAIR. Ke depan, lanjutnya, jumlah sepeda kampus akan ditingkatkan untuk menjangkau penggunaan yang lebih luas.

Mengenai penggunaan sepeda kampus, Karnaji menjelaskan bahwa nantinya untuk Kampus B UNAIR, sepeda bisa diambil di beberapa titik yang disediakan. Pos satpam dekat pintu keluar jalan Dharmawangsa misalnya.

“Jadi mahasiswa yang kos di daerah Kertajaya maupuan Airlangga bisa menggunakan sepeda ini saat masuk kampus. Baik digunakan ke FISIP atau FIB atau Fakultas Psikologi,” jelasnya.

Sedang untuk area Kampus C UNAIR, mahasiswa bisa menggunakan sepeda yang rencananya akan diletakkan di pintu masuk utama kampus, pintu masuk dekat garasi bus kampus, asrama putra, dan asrama putri. Nantinya, lanjut Karnaji, mahasiswa bisa menggunakan untuk pergi ke fakultas-fakultas yang jaraknya memang cukup jauh jika harus dijangkau dengan jalan kaki.

“Semoga budaya bersepeda bisa perlahan-lahan menjadi bagian dari keseharian civitas akademika UNAIR,” pungkasnya.

Selaian melakukan peluncuruan sepeda kampus, kegiatan senam yang juga dilaksanakan oleh Fakultas Vokasi UNAIR itu, juga menggelar cek kesehatan dan pojok layanan pajak.

Penulis: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).