Kenalkan Transportasi kepada Anak PAUD Lewat Lomba Mewarnai

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Tim KKN 59 Desa Kalirejo Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi usai Melaksanakan Lomba Mewarnai kepada Anak PAUD. (Foto: Istimewa)
Tim KKN 59 Desa Kalirejo Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi usai Melaksanakan Lomba Mewarnai kepada Anak PAUD. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Pedidikan anak usia dini (PAUD) merupakan upaya pendidikan dan pembinaan pada anak usia 3-5 tahun untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan keterampilan, sikap dan pengetahuan pada anak. Serta bertujuan membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan untuk memasuki sekolah dasar. Melalui pendidikan ini anak dapat mengeksplorasi potensi dan pengetahuannyadengan sendirinya.

Salah satu aspek yang penting dalam pendidikan anak usia dini adalah keterampilan. Dimana dapat mengasah imajinasi, kreativitas serta memberanikan anak dalam menunjukkan kemampuan dan keterampilan yang dimilikinya. Salah satu aktifitasyang dilakukan adalah mewarnai yang dapat membantu anak belajar berkreasi dan berkonsentrasi.

Untuk meningkatkan hal itu, tim mahasiswa KKN-BBM 59 Universitas Airlagga di Desa Kalirejo, Kecamatan kabat, Banyuwangi, melaksanakan program kerja lomba mewarnai pada siswa PAUD Permata Hati pada beberapa pekan lalu. Sebanyak 31 siswa PAUD mengikuti program tersebut  pada pukul 08.00 sampai pukul 10.30.

Tema pada lomba tersebut adalah alat transportasi. Hal itu bertujuan untuk  mengenalkan siswa tentang jenis dan kharateristik alat transportasi seperti banyaknya roda disetiap kendaraan dan tempat menjalankan berbagai kendaraan tersebut. Selain mewarnai, peserta diajak ikut pernainan bersama dengan menjawab pertanyaan dan menyanyikan lagu anak yang bertemakan alat transportasi. Juara dalam lomba ini dipilih sebanyak 3 juara dan masing masing mendapakan hadiah. Begitupun bagi siswa yang berani menjawab dan menyanyikan lagu.

“Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar, pihak sekolah dan siswa PAUD sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Semoga acara seperti ini dapat dilakukan lagi dan bisa lebih baik kedepannya. Disini kita saling belajar bagaimana berinteraksi dan memberikan contoh sikap, perilaku dan cara bersosialisasi yang baik dengan siswa dan guru PAUD,” ujar Nissa Maulida selaku Koordinator KKN di desa Kalirejo.

Sementara itu, Titin selaku orang tua dari salah satu siswa PAUD mengatakan bahwa dengan adanya program mewarnai yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN ini, para siswa senang sekali dan menarik perhatian.

“Tadi pagi anaksaya sangat antuisias ingin cepat mengikuti acara ini. Para siswa juga sangat semangat mewarnai tanpa melewati garis dan pemilihan warna yang bagus digambar masing-masing,” ungkapnya.

Penulis: Merry Andrianti

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).