Empat Fakta yang Harus Diketahui Sebelum Pergi ke Taiwan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Pemandangan jernihnya air di Shimen Reservoir, Kota Taoyuan, Taiwan. (Foto: Hilmi Putra Pradana)

UNAIR NEWS – Bisa bepergian ke luar negeri merupakan salah satu kesempatan yang sangat membanggakan bagi mahasiswa. Salah satunya ketika dapat berkunjung atau bahkan tinggal beberapa saat di negara dengan julukan naga kecil asia, Taiwan.

Tentu saja, setiap negara berbeda dengan negara lainnya, tak terkecuali Indonesia dengan Taiwan. Sebagai pendatang baru yang merasakan suasana yang ada di Taiwan, berikut 4 hal yang harus anda ketahui ketika pergi ke Taiwan.


Easy Card

Easy Card merupakan salah satu barang yang direkomendasikan untuk dimiliki oleh pendatang baru di Taiwan. Dengan harga sekitar 50 ribu jika dikonversikan ke rupiah, kita sudah bisa mendapatkannya. Kartu yang diperkenalkan sejak 2002 itu berguna untuk melakukan pembayaran dalam transportasi di Taiwan, seperti bus, kereta, dan persewaan sepeda (uBike).

Penggunaan easy card hanya perlu tap-tap di sensor yang ada. Pengisian saldo easy card juga cukup mudah, hanya perlu pergi ke supermarket yang banyak tersebar di Taiwan. Hal yang menarik dari kartu ini adalah ketika pengguna turun dari kereta dan ternyata saldo tidak mencukupi untuk membayar kereta, maka secara otomatis saldo kartu menunjukkan angka minus dan otomatis mengurangi saldo ketika diisi.


Pakai Lajur Kanan

Berbeda dengan Indonesia yang menggunakan lajur kiri untuk laju kendaraan, Taiwan merupakan salah satu negara yang menggunakan lajur kanan untuk berjalan atau menggunakan kendaraan. Sehingga, ketika berada di Taiwan jangan sampai lupa mengambil lajur kanan di setiap perjalanan. Lajur kiri hanya digunakan untuk mendahului.

Ada kekaguman ketika melihat kebiasaan orang di Taiwan yang dapat berbaris rapi di lajur kanan, sehingga orang yang terburu-buru bisa langsung mengambil lajur kiri untuk mendahului.


Toko Indonesia

Fakta yang lain adalah cukup banyak ditemui toko Indonesia di sini. Toko tersebut menjual berbagai macam produk asli Indonesia yang diimpor langsung. Mengenai harga, yang pasti relatif lebih mahal dari pada di Indonesia. Meskipun begitu, hadirnya toko-toko di Taiwan dapat mengobati kerinduan orang-orang akan makanan Indonesia. Misalnya, yang rindu akan pedasnya rasa sambal dan nikmatnya mie instan Indonesia

Universal Travel Adapter

Tak sama dengan Indonesia yang menggunakan stop kontak berbentuk lingkaran, negara dengan ibukota Taipe ini menggunakan tipe stop kontak pipih sehingga membawa universal travel adapter menjadi kewajiban. Barang tersebut wajib ada ke daftar perlengkapan yang harus dibawa.

Jika tidak punya, membelinya juga tidak akan sia-sia karena tetap bisa digunakan untuk bepergian ke negara lain. Membawa kabel rol dengan banyak colok-masuk dapat juga menjadi alternatif sebagai alat yang dicolokkan ke universal travel adapter.

Jadi, sudah siap kan, untuk pergi Ke Taiwan?

Penulis : Hilmi Putra Pradana

Editor : Binti Q. Masruroh

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu