Ajari Cuci Tangan dan Sikat Gigi, Panitia Deputra Ajak Anak Desa Cupak Menjaga Kebersihan Diri

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dendi Luis salah satu tim Deputra sedang mengajari anak Desa Cupak untuk Menyikat Gigi. (Foto: Hasna)
Dendi Luis salah satu tim Deputra sedang mengajari anak Desa Cupak untuk Menyikat Gigi. (Foto: Hasna)

UNAIR NEWS – “Mencegah lebih baik daripada mengobati” kalimat pepatah yang sering kali kita dengar bersama untuk kehidupan sehari-hari agar terhindar dari berbagai penyakit.

Berangkat dari hal itu, Panitia Desa dan Kampung Mitra (Deputra)mengadakan sosialialisasi kesehatan tangan dan gigi pada anak Desa Cupak, Kecamatan Ngusikan, Kabupaten Jombang pada Jum’at Pagi (21/12).

Penanggung jawab kegiatan, Dendi Luis mengatakan, kegiatan tersebut mempunyai tujuan agar anak Desa Cupakdapat mencuci tangan dan menggosok gigi dengan benar.

“Mengingat banyak adik-adik yang terkadang kurang paham bagaimana tata caranya sikat gigi dan cuci tangan, jadi kami ajarkan ke mereka,” ujar mahasiswa Ilmu Sejarah tersebut.

Kegiatan diawali dengan mengajak anak desa Cupak untuk berbaris dengan masing-masing dari mereka membawa sikat gigi dan botol air. Panitia kemudian memberikan pasta gigi di sikat gigi mereka.

Dengan maksud menghidupkan suasana, panitia mengajak anak-anak menyanyikan lagu berjudul “sikat gigi”. Ketika dinyanyikan bersama, anak-anak begitu antusias menyanyi bersama panitia.

Sikat-sikat gigi jangan lupa pastanya, bulat kiri bulat kanan bulat juga depan, sapu bawah kiri kanan sapu atas kiri kanan lurus bawah kiri, kanan lurus atas kiri kanan, sikat juga lidahnya satu kali saja lalu kumur dua kali dan buang airnya,” dengan gerakan tangan yang diikuti oleh anak-anak.

Setelah menyikat gigi, panitia kemudian mengajak anak-anak untuk melakukan cuci tangan. Dengan gerakan yang lebih rancak, panitia mengajari menggosok tangan bagian depan belakang, sela-sela, buku-buku, jempol, dan kuku-kuku jari.

Tak jarang anak-anak tertawa sumringah sambil menyemprotkan selang air ke panitia sebagai tanda kebahagiaan dari mereka. Bahkan salah satu anak bernama Bambang, juga ikut membantu panitia membersihkan sisa sabun yang menempel di tangan teman-temannya.

Di sela-sela kegiatan, Luis mengatakan ke UNAIR NEWS, bahwa dirinya berharap agar anak-anak Desa Cupak dapat menggunakan waktu liburan dengan kegiatan yang bermanfaat, seperti belajar mencuci tangan dan menggosok gigi yang sudah dilakukan panitia.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan pembagian hadiah bagi anak-anak yang dapat menjawab pertanyaan dari cara menggosok gigi dan cuci tangan yang sudah diajarkan oleh panitia (*).

Penulis: Fariz Ilham Rosyidi

Editor: Nuri Hermawan

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu