lustrasi: www.keyshotels.com
lustrasi: www.keyshotels.com
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Menurut Undang-Undang No 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat setempat, sesama wisatawan, pemerintah, pemerintah daerah, dan pengusaha. Libur semester ganjil yang bertepatan dengan pegantian tahun baru 2019 menjadi salah satu kesempatan tak terlewatkan oleh mahasiswa Universitas Airlangga, termasuk mahasiswa yang lain, untuk menikmati istirahat akhir tahun dari hiruk-pikuk kehidupan perkuliahan yang cukup penat.

Untuk mahasiswa rantau dari luar Kota Surabaya, pulang kampung adalah tips jitu menikmati libur akhir tahun dengan budget 0 rupiah. Namun, aktivitas itu tetap menikmati suasana baru jauh dari hiruk pikuk. Lalu, bagaimana dengan mahasiswa local Surabaya yang ingin menikmati liburan akhir tahun tapi minim budget?. Berikut tim UNAIR NEWS dipandu oleh mahasiswa Program Studi Pariwisata berkesempatan merangkum tips-trik liburan low-budget untuk temani akhir tahun.

Pertama, jika dari awal Anda memang berniat memangkas budget liburan, maka tetapkan komitmen tersebut dari awal. Tujuannya, agar tidak kebinggungan di tengah liburan karena uang tak cukup.

Kedua adalah membuat itinerary atau rencana perjalanan saat merencanakan perjalanan. Itinerary sangat dibutuhkan demi lancarnya agenda traveling. Itinerary mencakup daftar destinasi, jadwal per hari, akomodasi, transportasi, sampai keperluan lain-lain seperti belanja oleh-oleh.

Kemudian untuk mencari penginapan tidak harus mahal. Sebab, akan ada banyak variasi harga menurut fasilitas. Pilihlah yang menurut Anda fasilitas yang paling penting. Hal itu optional jika ada teman yang rumahnya dekat dengan destinasi wisata akan sangat mengurangi pengeluaran Anda dalam penginapan.

”Transportasi adalah hal yang paling tidak bisa dipotong budgetnya. Maka kita harus mencari opsi transportasi yang paling murah dan aman untuk sampai di tempat wisata tujuan,” ujar Anggie, mahasiswi D3 Pariwisata UNAIR.

Menurut Anggie, budget yang paling bisa dipotong adalah makan sebelum berwisata kita bisa juga membawa bekal dari rumah untuk memangkas biaya membeli makanan. Kita harus juga memperhatikan berapa harga tiket masuk setiap tempat wisata. Sebab, hal itu tidak dapat dikurangi dalam budget awal.

Agar lebih produktif dan edukatif meski berlibur, Anggie berpesan untuk memilih lokasi wisata seperti agrowisata seperti Kampung Cokelat Blitar; Kebun Pak Budi Pasuruan, atau Agrokusuma Batu, sebagai pilihan destinasi wisata. Selamat menikmati liburan akhir tahun Ksatria Airlangga dari seluruh penjuru Nusantara…

 

Penulis: Wiwik Yuni Eryanti Ningrum

Editor: Feri Fenoria

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone