Ke Daerah, 1.000 Mahasiswa Motivasi Siswa Lanjut Kuliah dalam Kegiatan USN

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi: BEM UNAIR
Ilustrasi: BEM UNAIR

UNAIR NEWS – Guna mewadahi mahasiswa melaksanakan pengabdian di daerah masing-masing, Universitas Airlangga mengadakan kegiatan UNAIR Sapa Negeri (USN). Kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Forum Silaturahmi Organisasi Mahasiswa Daerah (FORSIDA) yang merupakan badan otonom dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNAIR.

Dilaksanakan selama libur semertes gasal, USN diikuti oleh lebih dari 1.000 mahasiswa daerah. USN tersebut akan menyasar 37 daerah di seluruh Indonesia. Kegiatan itu juga bertujuan agar mahasiswa menjadi ”penyambung lidah masyarakat” bagi UNAIR kepada seluruh rakyat Indonesia.

Unang Setia Noer Rahma, selaku ketua FORSIDA, menuturkan bahwa USN merupakan sebuah upaya pengabdian mahasiswa untuk daerah-daerah di seluruh Indonesia, khususnya di bidang pendidikan. Mahasiswa UNAIR akan kembali ke daerah masing-masing untuk memberikan motivasi kepada siswa SMA atau sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

”Mahasiswa juga akan mengenalkan Universitas Airlangga kepada para siswa, bahkan sampai ke pelosok negeri,” tuturnya.

Unang menyatakan, sebelum mahasiswa terjun ke lapangan, para delegasi sudah diberikan pemahaman mengenai UNAIR terlebih dahulu. Selain itu, para delegasi dipaparkan mengenai bagaimana cara masuk ke kampus, terutama UNAIR, agar tidak memberikan informasi yang kurang valid kepada para siswa.

”Para delegasi sangat bersemangat menyukseskan USN ini. Terbukti saat ini sudah ada delegasi yang melakukan sosialisasi,” tambahnya.

Terkait dengan teknis sosialisasi, Unang menyatakan memberikan kebebasan sepenuhnya kepada setiap delegasi, namun tetap harus bekerja sama dengan sekolah yang akan didatangi. Setiap delegasi, lanjut Unang, tidak dibatasi berapa jumlah sekolah yang harus disambangi.

”Bahkan, saking semangatnya ada daerah yang melakukan sosialisasi ke-30 sekolah,” tambahnya.

Untuk menambah semangat mahasiswa, UNAIR memberikan fasilitas kepada setiap delegasi seperti souvenir. Materi untuk diberikan kepada siswa juga sudah disiapkan oleh UNAIR agar bisa memberikan informasi yang lengkap dan tepat.

”Saya berharap dengan USN ini mahsiswa daerah bisa mengisi liburan dengan hal yang bermanfaat dan menguatkan silaturahim antar mahasiswa,” pungkasnya. (*)

 

Penulis: M. Najib Rahman

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).