Puteri Indonesia Jatim Asal UNAIR Bahas Masa Depan Pariwisata Banyuwangi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Bupati Banyuwangi Azwar Anas membuka acara talkshow “Masa Depan Pariwisata bagi Generasi Milenial” di Gezibu Blambangan, Kabupaten Banyuwangi, Selasa (30/10). Turut serta didampingi Putri Indonesia Jawa Timur tahun 2017 Fatma Ayu Husnasari (tiga dari kiri) dan Putri Indonesia Papua Barat tahun 2017 Leidy Herlin Rumbiak (dua dari kiri). (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Forum olimpiade pariwisata (Tourism Olympiad Festival Indonesia) atau TOFI berlangsung sejak Senin (29/10) hingga Rabu (31/10). Forum itu mengusung tema “Masa Depan Pariwisata bagi Generasi Milenial” dan tagline ‘Menuju Masa Depan Pariwisata yang Bertanggungjawab dan Berkelanjutan’.

Salah satu acara dalam forum itu adalah talkshow kepariwisataan dengan bintang tamu yang kompeten di bidangnya. Mereka adalah Putri Indonesia Jawa Timur tahun 2017 yang juga alumnus S1 Fakultas Hukum UNAIR Fatma Ayu Husnasari, dan host salah satu acara stasiun televisi My Trip My Advanture.

Talkshow yang berlangsung pada Selasa (30/10), berlokasi di Gezibu Blambangan, Kabupaten Banyuwangi itu berhasil menarik perhatian 214 mahasiswa dan pelajar SMK se-Indonesia. Mereka berasal dari jurusan kepariwisataan dari 70 Politeknik dan 150 SMK se-Indonesia. Mulai Jakarta, Bandung, Surabaya, Palembang, Malang, Semarang, Bali, hingga Samarinda.

Dalam acara yang digelar oleh Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) bersama Kementerian Pariwisata itu, juga hadir Azwar Anas Bupati Banyuwangi dan Leidy Herlin Rumbiak mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi UNAIR yang mewakili Papua Barat dalam ajang Puteri Indonesia tahun 2017.

“Setiap lokasi pasti punya potesi tersendiri untuk menjadi destinasi wisata dengan bantuan inovasi pemuda-pemudi yang dimilikinya. Tinggal bagaimana hal itu bisa dieksplorasi,” ujar Fatma yang melanjutkan studi S2 di FH UNAIR.

“Selain mengunjungi destinasi wisata, kaum muda dapat menjadi media promosi yang efektif. Harusnya dimanfaatkan,” sahut Leidy menimpali.

Unggahan kaum muda di media sosial mampu menjadi pemikat orang luar untuk datang. Oleh karenanya, penting untuk mengonsep destinasi wisata agar menjadi objek yang instagramable. Sehingga, mudah untuk dieksplorasi.

“Karena itu saya berterima kasih kepada anak-anak muda yang telah berjasa mengembangkan pariwisata Banyuwangi lewat unggahan-unggahan di media sosialnya,” ujar Bupati Anas dalam acara itu.

Usai acara, Fatma dan Leidy menemui adik-adik mahasiswa UNAIR yang turut hadir dalam acara. (*)

Penulis : Siti Mufaidah

Editor : Binti Q. Masruroh

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu