FPK
Suasana kuliah umum FPK PSDKU UNAIR Banyuwangi. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Fakultas Perikanan dan Kelautan PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi melalui Departemen Riset dan Keilmuan Himpunan Mahasiswa Budidaya Perairan menyelenggarakan kuliah tamu bertajuk “Pengembangan Bidang Perikanan” pada Jum’at (28/9) di ruang kelas kampus A PSDKU Banyuwangi.

Kuliah tamu yang dikhususkan untuk mahasiswa FPK tersebut, dihadiri pemateri dari UPT PBAT Umbulan – Pasuruan, serta Dinas Perikanan dan Pangan kabupaten Banyuwangi. Kedua pemateri menyampaikan topik yang berbeda. Arif Subiantoro, S.Pi., selaku teknisi dari UPT PBAT Umbulan menyampaikan topik tentang “Domestikasi Ikan Lokal”, sedangkan Ir. Hari Cahyo Purnomo, M.P., selaku kapala Dinas Perikanan dan Pangan menyampaikan materi tentang perkembangan bidang perikanan dan kelautan kabupaten Banyuwangi.

“Domestikasi ikan lokal merupakan salah satu upaya pelestarian ikan-ikan lokal Indonesia. Jadi, disini saya bersama tim dari UPT PBAT Umbulan berusaha mengembangbiakan ikan lokal yang ada di alam untuk dipindahkan ke lingkungan budidaya, sehingga nantinya stok ikan lokal tetap terjaga dan kebutuhan stok ikan lokal selalu ada jika sewaktu-waktu dibutuhkan restocking ke alam,” tutur Arief Subiantoro.

Namun, kegiatan domestikasi ikan lokal atau endemik tidak begitu saja untuk mudah dilakukan. Menurut Arief Subiantoro, “tantangan yang pasti dihadapi dalam men-domestikasi ikan lokal yaitu, membutuhkan waktu yang lama, perang harga antara ikan lokal dengan ikan hasil domestikasi, serta naik turunnya harga ikan hasil domestikasi di pasaran,” imbuhnya.

Tidak hanya membahas tentang topik domestikasi ikan lokal, pria yang juga lulusan Perikanan UNAIR tersebut melakukan sharing-sharing kepada adik-adiknya yang ada di PSDKU, dengan tujuan agar tetap nyaman dengan jurusan perikanan yang sedang digeluti sekarang, serta memberikan motivasi dan masukan tentang apa potensi yang ada di bidang perikanan dan kelautan saat ini.

Tidak mau kalah dengan teknisi UPT PBAT Umbulan, kepala Dinas Perikanan dan Kelautan kabupaten Banyuwangi hadir langsung ke kampus PSDKU untuk menyapa warga FPK UNAIR PSDKU. jargon penuh semangat dari bapak kepala dinas berhasil memompa semangat warga FPK untuk mengawali materi.

Materi yang disampaikan kepala dinas yaitu seputar perkembangan bidang perikanan dan kelautan di kabupaten Banyuwangi. Mulai dari perikanan darat, perikanan payau, perikanan laut, perikanan tangkap, serta sosial ekonomi masyarakat perikanan kabupaten Banyuwangi. Selain itu, program kerja Dinas Perikanan dan Pangan Kabupaten Banyuwangi tahun 2018 juga disampaikan waktu penyampaian materi, tujuannya untuk mengenalkan proker-proker dinas kepada warga FPK. Hingga akhirnya kepala dinas memberikan pesan kepada warga FPK, khususnya untuk mahasiswa FPK.

“Potensi perikanan dan kelautan kita di Banyuwangi ini sangat banyak, para petani ikan dan nelayan kita sudah berpengalaman, kita disini juga punya kalian para mahasiswa yang berpendidikan dan pandai. Coba dibayangkan, bagaimana jika orang berpengalaman digabung dengan orang pandai, oleh karena itu saya berharap kepada adik-adik perikanan UNAIR ini untuk lebih berkontribusi lagi di kegiatan-kegiatan perikanan yang diadakan oleh dinas, dengan begitu akan terbentuk sinergitas antara akademisi, pemerintah daerah, dan masyarakat,” pungkasnya.

Penulis: Bastian Ragas

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone