Rektor: Lulusan Perguruan Tinggi Tanggung Jawab Kita Bersama

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Bursa Kerja
Rektor UNAIR (tengah) bersama mitra kerja diacara Airlangga Career Fair. (Foto: Binti Quryatul M)

UNAIR NEWS – Dalam setahun, Universitas Airlangga meluluskan lebih dari 9 ribu lulusan. Rata-rata, masing-masing terdiri dari 5 ribu lulusan S-1, 2 ribu lulusan D-3 dan D-4, dan seribu lulusan S-2 dan S-3. Tentu, kampus memiliki tanggung jawab besar dalam menyiapkan lulusan untuk mencapai karir mereka.

Pernyataan itu disampaikan oleh Rektor UNAIR Prof. Moh. Nasih dalam sambutannya membuka Airlangga Career Fair, bursa kerja yang menjadi wadah bagi lulusan dari berbagai perguruan tinggi untuk menyalurkan kemampuan lulusan di dunia kerja.

Dalam bursa kerja yang diadakan dua hari, yakni pada Selasa (5/9) dan Rabu (5/9) itu, hadir 40 perusahaan nasional, stan produk wirausaha, dan pameran pendidikan dan scholarship. Nasih mengatakan, bukan hanya UNAIR namun semua stakeholder memiliki tanggung jawab bersama dalam mendorong anak bangsa untuk mencapai puncak karir mereka.

“Kami tentu menyiapkan dan punya tanggung jawab besar bersama stakeholder yang lain untuk mendorong anak-anak bangsa dalam mencapai karir mereka,” ucap Nasih.

Kepada seluruh pimpinan dan perwakilan perusahaan yang datang Nasih menegaskan, lulusan UNAIR adalah SDM-SDM yang sudah terbukti kualitasnya dan bisa bersaing untuk dibutuhkan di dunia kerja.

“Di UNAIR seleksi penerimaan mahasiswa baru sangat ketat. Kita pilih putra-putri terbaik. Dari dua puluh ribu siswa yang mendaftar, kita ambil hanya sekitar 1.500. Saringan kita sangat selektif,” terang Nasih.

Sementara itu, Direktur Human Capital Manajemen Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) Moh Ali, S.H berharap, dengan keikutsertaan PLN dalam Airlangga Career Fair kali ini, semakin banyak lulusan UNAIR yang menempati posisi-posisi strategis dalam struktur keorganisasian di PLN.

“Sebelumnya banyak lulusan ITB dan ITS. Kami berharap lulusan UNAIR akan lebih banyak lagi yang mengisi posisi-posisi stategis di kami. Kami berharap bisa dapat calon talent terbaik,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Ali berharap agar perguruan tinggi dapat mensuplai SDM yang dibutuhkan perusahaan besar nasional maupun multinasional.

“Mudah-mudahan, antara kami yang membutuhkan tenaga kerja dengan perguruan tinggi yang mensuplai tenaga kerja bisa lebih mendekatkan diri dan menguntungkan kedua belah pihak,” paparnya. (*)

Penulis : Binti Q. Masruroh

Editor    : Nuri Hermawan

Berita Terkait

Nuri Hermawan

Nuri Hermawan

Leave Reply

Close Menu