Ilustrasi UNAIR NEWS
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

Generasi Berubah, Cara Memupuk Nasionalisme Harus Diubah

Globalisasi membawa kemajuan yang luar biasa bagi umat manusia. Pertukaran budaya, teknologi, politik dan juga pemikiran terjadi secara cepat dan hampir menyeluruh ke semua aspek kehidupan. Di sisi lain, globalisasi juga membawa dampak buruk terhadap kehidupan berbangsa. Saat ini, banyak warga, khususnya anak muda yang kurang begitu memahami apa makna Pancasila. Menurut staf pengajar Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga Joko Susanto, khususnya anak muda yang lahir di atas tahun 1995, banyak yang tidak hafal teks Pancasila. Menurut Joko, zaman sudah berubah. Karena itu, untuk menumbuhkan rasa nasionalisme pada masyarakat, metodenya harus diubah.

Sindo, 9 Agustus 2016 halaman 13 dan 14

Ditolak di Tanah Air, Mengajar di Malaysia

Wuri Handayani merupakan dosen Indonesia yang mengajar di Universitas Perlis Malaysia di Jurusan Akuntansi sejak Desember 2015. Sebelum akhirnya bisa mengajar di Malaysia, Wuri pernah melamar di universitas di Surabaya, tapi selalu ditolak. Wuri menyelesaikan pendidikan jenjang S-1 di Universitas Airlangga, dan melanjutkan pendidikan di University of Leeds, Inggris. Mengomentari banyaknya dosen asing yang mengajar di Indonesia, menurut Wuri hal itu bukanlah persoalan. Di samping itu, pemerintah juga harus tetap menyediakan sarana dan prasarana baik untuk dosen maupun mahasiswa. Bahkan ada lulusan Indonesia bergelar doktor yang tidak bisa mengimplementasikan ilmu karena tidak ada sarana, sehingga harus mengajar di luar Indonesia.

Surya, 10 Agustus 2016 halaman 11 dan 12

Berbagi Ilmu, Dosen UNAIR Turun ke Bawean

Sebanyak 16 orang yang terdiri dari dosen, asisten dosen, dan mahasiswa program studi Antropologi UNAIR melaksanakan pengabdian masyarakat dan penelitian di Pulau Bawean. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diisi dengan pertemuan dengan stakeholder di pendopo Kecamatan Sangkapura dan Balai Desa Kebuntelukdalam. Dosen Antropologi FISIP UNAIR Pudjo Santoso menyatakan, pengabdian masyarakat bertujuan mengembangkan segala potensi yang dimiliki Pulau Bawean. Sebagai daerah tujuan wisata, semestinya Bawean diimbangi dengan kesiapan warga untuk memasarkan segala potensi yang ada.

Radar Bawean, 10 Agustus 2016 halaman 3

RSUD Dr. Soetomo Terjunkan Tim Ahli

Keberadaan bayi berkepala dua di Kabupaten Gresik mendapatkan atensi khusus dari RSUD Dr. Soetomo (RSDS) Surabaya. Rencananya, Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu (PPKST) RSDS bakal menerjunkan tim ahli untuk menangani bayi tersebut. Ketua tim yang juga alumnus UNAIR, dr. Agus Harianto SpA(K) mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan tim kembar siam. Saat ini penanganan lebih difokuskan pada penstabilan kondisi bayi. Apabila bayi kembar siam dirujuk ke Surabaya, hal itu berisiko terhadap keadaan bayi karena mengalami kedinginan, apalagi bayi belum melewati masa stabil. Rencananya, setelah melewati 28 hari, pihak RSDS baru akan memeriksa lebih lanjut dan berharap bayi bisa bertahan hidup selamanya.

Radar Gresik, Kamis 11 Agustus 2016 halaman 1 dan 2

Surya, 11 agustus 2016 halaman 1 dan 11

Ngutang Sana-Sini demi Menjadi Terbaik Se-Asia

Passion dan semangat menjadi pemersatu para anggota Shine Allstar Surabaya untuk terus berprestasi. Meski menghadapi banyak tantangan, mereka tak henti berjuang untuk menjadi lebih baik. Anyak, mahasiswa FKH Unair yang menjadi flyer atau orang yang bertugas untuk terbang setinggi-tingginya di udara akan benar-benar memanfaatkan waktu di udara untuk menambah variasi gerakan akrobatnya. Bukan hanya Anyak, keseluruhan anggota Shine Allstar memang berusaha terus mengupgrade kemampuan mereka untuk mempersiapkan diri menghadapi dua laga internasional yakni Tafisa World Games dan Asian Cheerleader Championship di Jakarta pada bulan Oktober.

Jawa Pos, 11 Agustus 2016 halaman 25 dan 35

Penulis: Afifah Nurrosyidah
Editor: Defrina Sukma S

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone