Prodi D3 Kepariwisataan UNAIR Gelar Program BIMTEK Pendampingan Desa Wisata

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Sesi foto bersama usai Bimbngan Tekns (Bimtek) terhadap pengelola Desa Wisata. (Foto: Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Program Stud (Prodi) D3 Kepariwisataan/Bina Wisata telah menyelenggarakan program Bimbngan Tekns (Bimtek) terhadap pengelola Desa Wisata di Kawasan Lamongan Selatan. Program Bimtek ini merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Pariwisata dan Unversitas Airlangga dengan Prodi D3 Kepariwisataan/Bina Wisata sebagai pelaksana kegiatan.

Program Bimtek Pendampingan Wisata ini juga menjadi puncak acara dari serangkaian program pengabdian masyarakat yang telah diselenggarakan pada hari-hari sebelumnya. Dr. Sri Endah Nurhidayati selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa program ini penting dilaksanakan untuk menjaga semangat para masyarakat pedesaan dalam mengembangkan  kawasannya menjadi desa wisata.

“Kami harap program bisa menjadi semangat para masyarakat pedesaan dalam mengembangkan  kawasannya menjadi desa wisata,” ujar Dosen D3 Kepariwisataan/Bina Wisata ini.

Tercatat, sebanyak 25 peserta telah hadir pada acara yang diselenggarakan di Hotel Lotus Garden, Kediri pada Rabu (30/9). Peserta yang hadir, harus menjalani protokol pencegahan covid-19 sebelum masuk ke ballroom hotel untuk mengikuti acara tersebut. Selain wajib menggunakan masker dan mencuci tangan, peserta juga wajib mengikuti rapid test. Protokol ini harus dilalui peserta agar pelaksanaan bisa lancar tapa adanya kendala yang dihadapi. Terdapat 2 peserta yang hadir dan harus dipulangkan untuk menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari.

Peserta mengikuti materi secara antusias dilihat dari kegiatan tanya jawab yang berlangsung selama tiga sesi. Sesi pertama, peserta mendapatkan materi tentang CHSE (Clean, Healty, Safety, Environment) pada kawasan wisata, Pengembangan Produk Wisata, dan Pelayanan Prima. Sesi kedua, peserta mendapatkan materi tentang Sapta Pesona Pariwisata dan Pengembangan BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) di bidang pariwisata. Sesi terakhir, peserta mendapat materi tentang tekning pengembangan website dan teknk fotografi untuk promosi objek wisata.

Para pemateri yang hadir merupakan dosen lintas prodi pada Fakultas Vokasi Universitas Airlangga yaitu dari Prodi D3 Kepariwisataan/Bina Wisata, D3 Manajemen Perhotelan, D3 Administrasi Perkantoran, dan D3 Otomasi Sistem Instrumentasi. Selain itu acara ini juga menhadirkan praktisi yang telah berhasil mengelola desa wisata di wilayahnya masing-masing.

Acara ini berlangsung mulai pukul 10.00 WIB dan selesai pada 17.00 WIB. Meski demikian, peserta tetap bersemangat mengikuti serangkaian acara dari awal sampai akhir. Wisnu selaku ketua Kelomok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pataan, Kecamatan Sambeng, menyampaikan terimakasih kepada tim dari Universitas Airlangga yang telah konsisten mendampingi desanya untuk menjadi desa wisata. Alumni D3 Kepariwisataan/Bina Wisata angkatan 2008 ini juga berharap agar program pendampingan ini bisa tetap berjalan di masa yang akan datang.

Penulis: M. Nilzam Aly

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu