Iduladha 1441 H, Masjid Ulul Azmi Distribusikan Hewan Kurban Hingga Pelosok

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Pelepasan hewan kurban oleh Rektor UNAIR Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., M.T., Ak., CMA (baju putih) pada Rabu (29/07/20). (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Ada yang berbeda dari peringatan Iduladha di Universitas Airlangga (UNAIR) kali ini. Pandemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia beberapa bulan ini mengharuskan instansi pendidikan melakukan program belajar mengajar secara online atau daring.

Memeringati Iduladha 1441 H, Masjid Ulul Azmi Kampus C UNAIR mendistribusikan hewan kurban di wilayah pelosok sebagai terobosan baru di masa pandemi saat ini. Erik Cahyadi selaku ahlul khidmad (pelayan masjid, Red) menuturkan bahwa hewan kurban tersebut akan disalurkan di beberapa daerah pelosok yang kekurangan hewan kurban karena perekonomian masyarakat menengah ke bawah.

Sebanyak lima ekor sapi dan sembilan ekor kambing disalurkan ke lima daerah pelosok. Di antaranya, Surabaya, Probolinggo, Jombang, Lamongan, dan Tuban. Penyaluran hewan kurban tersebut bekerja sama dengan Yayasan Persada Alharomain.

Penyerahan hewan kurban oleh koordinator wilayah Lamongan pada Rabu (29/07/20). (Dok. Pribadi)

“Dua hari sebelum Iduladha, hewan kurban mulai didistribusikan ke daerah-daerah. Selain mengirim hewan kurban dari Surabaya, kita juga membeli hewan kurban di daerah penyaluran agar bisa lebih mudah, lebih dekat, dan memberdayakan sesama,” tuturnya pada Jumat (31/07/20).

Selain dari sivitas akademika UNAIR, Dr. H. Soekarwo, S.H.,M.Hum., alumnus UNAIR yang ikut serta berdonasi melalui kegiatan tersebut. Adapula dari pihak lain seperti Bank Syariah Mandiri dan lembaga amal zakat Lazis Haromain juga ikut berdonasi.

“Selain memberdayakan teman-teman pengurus masjid yang ada di kampung untuk berkontribusi lebih kepada masyarakat melalui tebar kurban ini, juga bisa memberdayakan tetangga atau warga sekitar yang mungkin memiliki ternak atau hewan kurban,” jelas Erik.

Adanya penyaluran hewan kurban tersebut menjadi salah satu pengabdian UNAIR kepada masyarakat di tenagh pandemic Covid-19. (*)

Penulis : Asthesia Dhea Cantika

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu