School From Home: Stay Safe, Stay Productive

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh kaldera id

UNAIR NEWS – School From Home atau sekolah dari rumah atau belajar di rumah merupakan salah satu kebijakan terkini yang diinstruksikan oleh Kemendikbud dalam menghadapi situasi penyebaran virus Corona (Covid-19). Mendikbud Nadiem Makarim mengungkapkan, bahwa pembelajaran dalam jaringan (daring) atau jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh pencapaian kurikulum.

Kegiatan belajar dirumah ini telah dilaksanakan mulai tanggal 16 Maret lalu. Belajar dirumah membuat kita memiliki banyak waktu luang, meskipun rutinitas tugas tetap dijalankan. Dalam artikel ini, UNAIR NEWS merangkum beberapa tips memanfaatkan belajar dirumah agar tetap produktif.

Penelitian Sederhana dan Penyusunan Karya Ilmiah

Waktu yang luang selama belajar di rumah, bisa dimanfaatkanuntuk melakukan penelitian sederhana dan penyusunan karya tulis ilmiah. Melalui penelitian dan penyusunan karya tulis ilmiah tersebut, mahasiswa dapat melatih dirinya untuk menulis, dan agar terbiasa saat menghadapi skripsi kelak. Selain berlatih, mahasiswa juga bisa berkesempatan untuk mengajukan hasil karya ilmiahnya pada LKTI, maupun nasional dan internasional conference.

Mengikuti Berbagai Seminar Online

Untuk menghindari kejenuhan saat belajar dari rumah, mahasiswa bisa mendapatkan ilmu baru dengan mengikuti berbagai seminar online yang diadakan oleh kampus – kampus, dan lembaga penelitian lainnya. Dengan mengikuti seminar online, mahasiswa dapat memperoleh ilmu baru, yang mungkin tidak didapatkan saat dikelas maupun pembelajaran secara daring. Selain ilmu, dengan mengikuti seminar secara online, mahasiswa juga bisa mendapatkan relasi yang banyak, dan mengasah kemampuan komunikasinya.

Membangun Dan Memfokuskan Diri pada Usaha

Belajar dari rumah juga bisa dijadikan kesempatan bagi yang memiliki usaha. Luangnya waktu, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan dari bisnis yang digeluti, dengan cara mempelajari teknik pemasaran online, dan mengasah kemampuan untuk memasarkan produk dengan baik. Dalam hal ini, mahasiswa juga bisa mengasah kemampuannya untuk menjadi content creator dalam memasarkan produknya secara kreatif.

Memanifestasikan Diri Agar Bermanfaat Bagi Masyarakat

Pengabian kepada masyarakat adalah salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang wajib untuk diamalkan. Bagi mahasiswa yang memiliki ketertarikan terhadap kegiatan – kegiatan pengabdian masyarakat, waktu beajar dari rumah adalah saat yang tepat untuk mengabdikan diri kepada masyarakat. Mahasiswa bersama pemuda di daerahnya bisa membuat hand sanitizer atau masker dirumah masing – masing agar bisa dibagikan kepada masyarakat sekitar, dengan demikian, selain produktif, kita juga bisa memberikan manfaat kepada orang lain.(*)

Penulis: Dian Pratama

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu