Airlangga Global Day 2019 Kembali Berikan Informasi Pendidikan Mulai Jerman Sampai USA

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
(LIMA dari kiri) Wakil Rektor I Prof. Djoko Santoso, dr., Ph.D., Sp.PD.K-GH.FINASIM.; Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya Mark McGovern; Direktur AGE Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih M.Si. (lima dari kanan) saat pembukaan pada Jum’at (8/11/2019) di Hall Lantai 1, Kantor Manajemen Kampus C. (Foto: Muhaamad Alif Fauzan)
(LIMA dari kiri) Wakil Rektor I Prof. Djoko Santoso, dr., Ph.D., Sp.PD.K-GH.FINASIM.; Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya Mark McGovern; Direktur AGE Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih M.Si. (lima dari kanan) saat pembukaan pada Jum’at (8/11/2019) di Hall Lantai 1, Kantor Manajemen Kampus C. (Foto: Muhaamad Alif Fauzan)

UNAIR NEWS – Untuk mencapai reputasi dunia, Universitas Airlangga terus melakukan upaya penguatan internasionalisasi. Salah satu upaya itu diwujudkan Airlangga Global Engagement (AGE) melalui Airlangga Global Day (AGD) 2019.

Direktur AGE Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih M.Si., beserta jajaran pimpinan UNAIR resmi membuka AGD 2019 pada Jum’at (8/11/2019) di Hall Lantai 1, Kantor Manajemen Kampus C. Turut hadir dalam pembukaan itu Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya Mark McGovern. Termasuk hadir Wakil Rektor I Prof. Djoko Santoso, dr., Ph.D., Sp.PD.K-GH.FINASIM., beserta dekan dari Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG); Fakultas Kedokteran Hewan (FKH); dan Fakultas Keperawatan (FKp).

Prof Nyoman menyebutkan bahwa Airlangga Global Day (AGD) 2019 merupakan program internasional tahunan yang digelar UNAIR sejak tahun 2017. Selain sebagai bagian dari perayaan peringatan Dies Natalis Ke-65 UNAIR, kali ini program tersebut ditujukan untuk upaya penguatan kolaborasi internasional.

”Jadi, hari ini, pukul 09.00 tadi, baru saja resmi dibuka Airlangga Global Day 2019. Ini (AGD 2019, Red) merupakan rangkaian peringatan dies natalis ke-65 Universitas Airlangga dan dimulai sejak 2017,” ujarnya.

”Jadi, ini udah tahun ketiga. Karena ini tatarannya global, maka yang menggelar Airlangga Global Engagement,” imbuhnya.

Dalam AGD 2019 kali ini, Prof Nyoman menyebut ada sejumlah acara yang bakal turut digelar. Yakni, ada internastional Education Exhibition, Education USA Opening Ceremony, Study Abroad Information Session, dan beberapa lomba untuk mahasiswa asing.

”Pada tahun ini, 2019, diikuti oleh 12 perwakilan negara-negara dan tentunya partner atau universitas mitra luar negeri Universitas Airlangga,” katanya.

Mitra-mitra itu, lanjut Prof Nyoman, membuka stan untuk mempromosikan pendidikan, terutama perguruan tinggi, yang ada di luar negeri kepada mahasiswa UNAIR. Jadi, kalo ada global day di luar negeri, UNAIR juga melakukan hal yang serupa di sana.

”Tapi ini, ganti partner luar negeri yang mempromosikan perguruan tinggi luar negeri di sini kepada mahasiswa UNAIR yang berminat menempuh pendidikan ke luar negeri,” ucapnya.

Terdapat sejumlah negara Asia, Eropa, dan Amerika yang turut serta dalam AGD 2019. Di antaranya, Jerman, Republik Irlandia, United Kingdom, Selandia Baru, Jepang, sampai United State Of Amerika (USA).

”Bersamaan dengan Airlangga Global Day, kali ini juga dibuka Education USA oleh Konsulat Jenderal Amerika Serikat untuk Indonesia di Surabaya. Dan lokasinya adalah di American Corner di Perpustakaan Kampus B UNAIR,” tuturnya.

”Tujuannya apa (pembukaan Education USA) adalah untuk mempererat, pastinya, kerja sama Universitas Airlangga dengan perguruan tinggi di Amerika. Dan, secara umum untuk masyarakat Surabaya, Jawa Timur, dan Indonesia. Sehingga mereka bisa mengakses informasi pendidikan di Amerika,” tambahnya.

Perlu diketahui, untuk mahasiswa asing di UNAIR, ungkap Prof Nyoman, AGD 2019 turut memberikan sejumlah perlombaan menarik. Yakni, lomba karaoke, lomba memasak, dan kompetisi permainan tradisional Indonesia.

”Ini sekaligus menjadi ajang mendorong internasionalisasi serta mempererat hubungan antar mahasiswa asing dengan Indonesia, terutama Universitas Airlangga,” pungkasnya.

SALAH seorangmahasiswa asing asal Timur Tengah saat mengikuti lomba karaoke di AGD 2019. (Foto: Agus Irwanto)
SALAH seorangmahasiswa asing asal Timur Tengah saat mengikuti lomba karaoke di AGD 2019. (Foto: Agus Irwanto)

Sementara itu, dalam sambutannya Mark menyampaikan pentingnya kolaborasi lintas negara dalam upaya peningkatan pendidikan di setiap negara. Bersama Indonesia, Amerika Serikat mendorong upaya kolaborasi di berbagai bidang, khususnya pendidikan. Salah satu bentuknya, sejak lama, Amerika telah membuka American Corner di Perpustakaan Kampus B.

”Saya sampaikan terima kasih. Dan kolaborasi ini semoga ke depan kian kuat dan berdampak bagi pengembangan di masyarakat,” ujarnya. (*)


Penulis: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu