Tiga Srikandi FST UNAIR Inovasikan Material Rekonstruksi Mandibula dengan Teknologi 3D Printing

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
PKM PE
Tiga Srikandi FST UNAIR saat melakukan penelitian di laboratorium. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Mandibula merupakan salah satu bagian wajah yang sama seperti organ tubuh lainnya. Dapat mengalami kelainan yang disebabkan oleh tumor, baik itu jinak maupun ganas. Selama ini, reseksi yang dilakukan untuk mengambil bagian yang terinfeksi dapat menyebabkan diskontuinitas tulang mandibula, sehingga harus direkonstruksi.

Berdasarkan permasalahan tersebut, tiga mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga yaitu Anis Fitria Wulandari (Teknik Biomedis, 2015), Siti Zulaihah (Fisika, 2015) dan Ika Rachmadanti (Fisika, 2016) melakukan suatu inovasi pembuatan scaffold PLA untuk rekonstruksi mandibula yang memanfaatkan teknologi 3D Printing.

Inovasi tersebut berhasil didanai oleh Kemenristekdikti melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian Eksakta (PKM-PE) tahun 2018 dengan judul “Karakterisasi In-vitro Scaffold PLA 3D-Printing dengan Coating Hidroksiapati-Kitosan untuk Rekonstruksi Mandibula” dibawah bimbingan Dr. Ir. Aminatun, M.Si.

Mengenai hal itu, Anis selaku ketua tim menyampaikan bahwa penggunaan teknologi 3D printing di era modern ini sangat bermanfaat dalam dunia medis. Pasalnya, hal itu dapat menghasilkan material implan sesuai kerusakan tulang dengan mudah dan terkontrol.

Salah satu material yang sering digunakan dalam pencetakan tiga dimensi, jelas Anis, seperti Polylactic Acid (PLA) yang memiliki sifat biodegradable dan biokompatibel akan tetapi bersifat non bioaktif (tidak dapat berinteraksi dengan sel tubuh) dan hidrofobik (tidak mampu menyerap cairan tubuh).

“Oleh karena itu, tim kami mencoba melapisi PLA dengan material yang bersifat bioaktif dan hidrofilik yaitu paduan hidroksiapatit-kitosan,” ujar Anis.

Lebih lanjut, Anis juga menjelaskan, untuk membuktikan material tersebut bersifat bioaktif maka dilakukan uji viabilitas, uji perlekatan sel, tingkat proliferasi dan diferensiasi sel secara in-vitro, sedangkan untuk mengetahui tingkat hidrofobisitas dilakukan uji swelling.

Penulis: TIM PKM-PE “Karakterisasi In-vitro Scaffold PLA 3D-Printing dengan Coating Hidroksiapati-Kitosan untuk Rekonstruksi Mandibula”
Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).