Asah Potensi Diri untuk Hadapi Dunia Kerja

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh wira angkasa akademi
Ilustrasi oleh wira angkasa akademi

UNAIR NEWS – Hadirnya Revolusi Industri 4.0 berakibat pada persaingan dunia kerja yang semakin hari kian kompetitif. Fenomena sarjana pengangguran kini sangat lumrah ditemui, khususnya di Indonesia. Dilansir dari Pikiran Rakyat yang terbit 26 Maret 2018, tercatat sebanyak 630.000 sarjana Indonesia tak kunjung mendapat pekerjaan alias pengangguran. Kondisi tersebut begitu memprihatinkan mengingat dampak pasar bebas yang dengan senang hati menyambut para pekerja asing.

Sehingga peran perguruan tinggi sebagai lembaga pencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dipertaruhkan. Perguruan tinggi diharap memberi kontribusi besar terhadap peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia. Para mahasiswa jangan hanya diam dan berpangku tangan. Mahasiswa – mahasiswa generasi milenial harus memiliki bekal untuk menunjang karir mereka pasca jadi sarjana.

Dalam workshop bertajuk “Siap Kerja, Siap Berkarya, Siap Berdaya” yang diselenggarakan oleh PPKK UNAIR (23/01), di Aula Parlinah Perputakaan B UNAIR disebutkan bahwa mahasiswa harus punya 6 karakter bila ingin sukses di dunia kerja. 6 karakter itu terdiri dari keingintahuan besar (curiousity), kepemimpinan (leadership), inisiatif (initiative), mudah berdaptasi (adaptable), ketekunan (persistence), dan kesadaran akan sosial dan budaya (social & culture awareness).

Siap bekerja bukan hanya soal mengantongi ijazah dan Curiculum Vitae (CV) saja, melainkan tentang menguasai kemampuan, menguasai soft skill, dan hard skill yang diperlukan. Di sini perguruan tinggi perlu menyadarkan mahasiswa untuk menggali potensi diri sedini mungkin. Sebab bila tidak, mahasiswa nantinya akan sulit bersaing dalam dunia kerja. Keuntungan lain ialah mahasiswa akan bisa bekerja sesuai kemampuan dan keahliannya.

Dalam pelatihan dihadirkan Purwo Bayu Wicaksono selaku IKA UNAIR, ia memberi tips bagi para fresh graduate yang ingin punya karir cemerlang pasca lulus dari perguruan tinggi, yaitu jadilah orang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, tangkas dalam bekerjasama, mau belajar dan menghargai orang lain, dapat mengambil keputusan dengan bijaksana, manajemen waktu yang baik, melatih skill dengan aktif mengikuti organisasi dan kepanitiaan, berinisiatif mencari kesempatan magang, dan mengikuti berbagai kegiatan yang mengasah bakat dan minat.

Penulis: Tunjung Senja Widuri

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu